10 Cara Jadi Selebgram Tanpa Beli Followers

Sekarang ini Instagram tak hanya menjadi tempat untuk mengekspresikan diri. Banyak pengguna memanfaatkan media sosial ini untuk menjadi selebgram atau orang yang dianggap sebagai selebriti lewat Instagram.

Menjadi selebgram kini menjadi impian pengguna Instagram. Mungkin salah satunya kamu. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila sudah dianggap selebgram. Salah satunya adalah tarif sekali unggah foto endorse. Tarifnya bervariasi bisa Rp 500 hingga Rp 1 juta untuk 1 kali endorse atau promosi produk lewat akun Instagram. Kalau ada 1 produk saja dikenalkan dalam sehari, selebgram bisa meraup untung minimal Rp 15 juta dalam sebulan. Jumlah yang menggiurkan, bukan?

Sebelum dilirik sebagai selebgram, kamu harus memperhatikan jumlah follower yang kerap menjadi patokan. Sebab kamu bisa dianggap selebgram bila follower mencapai jutaan. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk memiliki banyak followers? Beli saja? Jangan! Sebaiknya hindari membeli followers karena mahal dan hampir semua akunnya tidak nyata alias bot.

Celebgramme akan membagi tips menjadi selebgram tanpa repot-repot membeli followers. Seperti apa caranya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1.Posting Konten Sesuai Karakter dan Passion

Konsep postingan sesuai dengan minat dan passion (Photo by Jason Rosewell on Unsplash)

In order to be irreplaceable one must always be different– Coco Chanel

Ubah mindsetmu dan keluarkan keunikan dalam diri kamu. Caranya gimana? Coba pikirkan sesuatu yang unik dari dalam diri kamu. Misalnya berkaitan dengan minat dan passion lalu mulailah tampil dengan konsep. Misalnya kamu menyukai produk kecantikan, coba buat tips-tips perawatan muka. Kamu menggunakan foto wajah sebelum dan sesudah perawatan.
Langkah selanjutnya adalah mulai mengonsep postingan kamu. Jika keberatan mengubah dan merombak semua isi Instagram, kamu bisa memikirkan postingan selanjutnya yang akan diunggah di Instagram. Yang tak kalah penting, konten yang disajikan selalu memberikan informasi baru. Karena itu, coba terus ikuti kabar tren terkini. Bila kamu dianggap update, bisa jadi followers mau merekomendasikan akun Instagram kamu karena info-info yang diunggah memang inspiratif dan menarik.

2. Perhatikan Estetika

Perhatikan nilai estetika ketika mengambil gambar maupun video (Photo by Aaron Burden on Unsplash)

Visual menjadi komponen yang penting di Instagram. Hal ini perlu mendapatkan perhatianmu. Setelah siap konsep, kamu akan mudah menghasilkan foto maupun video. Jangan sampai gambar buram karena diambil dalam kondisi minim cahaya atau terburu-buru. Komposisi cahaya, posisi, dan latar belakang wajib jadi pertimbangan saat pengambilan gambar maupun video.
Urusan potret-memotret ini mungkin awalnya akan memakan waktu cukup lama. Namun kamu semakin lama akan bisa memangkas waktu bila memahami waktu, posisi maupun angle terbaik ketika pengambilan gambar atau video. Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa gunakan peralatan memotret yang diperlukan. Tongkat narsis (tongsis) atau tripod kecil sewaktu-waktu diperlukan untuk pengambilan gambar pada posisi tertentu. Namun, paling utama, kamera smartphone yang kamu gunakan harus mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi.

3. Jangan Sungkan Tiru Gaya Selebgram Idola

Meniru is oke, menjiplak jangan! (Photo by Mikaala Shackelford on Unsplash)

Dalam hal seni sebenarnya tidak ada yang murni. Kamu boleh meniru dan sah-sah saja bila menggunakan konsep yang sama dengan selebgram kesayangan. Namun jangan lupa untuk memberikan kredit pada caption foto kamu.
Satu hal yang nggak boleh dilakukan adalah menjiplak habis-habisan gaya selebgram idola kamu. Untuk awalan, kamu bisa mempelajari dan mencari gaya postingan di Instagram. Semakin kece, akan semakin banyak orang yang mem-follow kamu.

4. Konsisten Konsep Posting Foto dan Video

Lakukan dengan konsisten (Photo by Erik Lucatero on Unsplash)

Pastikan akun Instagram kamu selalu aktif. Setidaknya luangkan waktu untuk mengunggah foto minimal 3 kali sehari. Untuk mempermudah, usahakan kamu telah prepare konsep sejak jauh hari. Jadi ketika pengambilan gambar maupun video, kamu bisa menyimpannya untuk sebulan ke depan.
Membalas komentar harus menjadi agenda penting pula. Memang komentar nggak selalu positif, ada saja orang iseng yang berkomentar miring. Namun, abaikan dan jawab saja komentar seperti itu dengan hati tenang, kalau perlu balas saja dengan jawaban kocak.

5. Memperbanyak Followers Organik Instagram

Sesekali menggembok akun Instagram untuk menambah followers organik (Photo by Jason Blackeye on Unsplash)

Pernah nggak kamu menyadari selebgram dengan jumlah followers ribuan bahkan jutaan itu suka buka-tutup alias menggembok akunnya. Ini kabarnya dilakukan sebagai strategi dapat followers baru secara organik lho.
Jadi, kalau kamu sudah bisa memosting foto yang konsisten dan orang lain sudah notice serta tertarik kamu bisa sesekali menutup alias menggembok akun. Supaya saat mereka mau lihat feed-mu harus follow dulu agar dapat izin darimu untuk melihat feed Instagram.
Ada salah satu cara lagi yang terbukti efektif untuk meningkatkan followers secara organik yaitu melakukan interaksi yang konsisten dengan cara following, memberikan like maupun comment. Memang tidak mudah, apalagi jika kamu mempunyai banyak sekali kegiatan. Solusinya kamu bisa memanfaatkan tool otomatisasi interaksi /engagement untuk  Instagram yaitu Celebgramme. Cara kerjanya sangat mudah, semuanya serba otomatis dan membuat akun Instagram kamu berinteraksi secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target. Buat yang penasaran, silahkan cek sendiri ke websitenya untuk update fitur-fitur terbarunya ► Celebgramme.com.

6. Posting Saat Jam Potensial Instagram

Usahakan memposting ketika followers aktif di Instagram (Photo by Luke van Zyl on Unsplash)

Agar mendapat banyak likes, lakukan riset sebentar. Untuk mengetahui waktu paling pas mengunggah foto, coba pasang foto pada jam-jam berbeda. Misal antara pukul 06.00 – 08.00, 12.00 – 13.00, lalu 17.00 – 19.00. Dari jam-jam tersebut, bisa terlihat foto-foto mana yang paling disukai dan mendapat respons. Bila sudah mendapat waktunya, kamu seharusnya konsisten hanya meng-upload postingan pada saat waktu potensial tersebut.
Harus disadari bahwa setiap selebgram memiliki target dan jenis followers yang berbeda. Misal followers kamu kebanyakan adalah anak sekolahan maka upload lah saat malam hari atau sore hari ketika para anak sekolah baru pulang sekolah. Jika memposting di tengah malam, biasanya followers kamu sedang istirahat dan nggak sedang online.

7. Gunakan Hashtag Sewajarnya

Gunakan 1-10 hashtag yang relevan (Photo by Jon Tyson on Unsplash)

“Makin banyak dan populer hashtag yang kamu pakai
maka makin besar kemungkinan orang notice dengan postingan dan nggak segan untuk follow.”

Untuk mengetahui tagar atau tanda pagar yang sedang hits dibicarakan di Instagram, kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus seperti Webstagram. Namun, jangan berlebihan, gunakan tagar sesuai kebutuhan saja. Keterangan foto yang penuh tagar akan mengganggu mata pengunjung akun.
Namun perlu kamu ingat, gunakan hashtag yang relevan saja dengan postinganmu dan nggak perlu menyertakan banyak hashtag. Cukup pilih 1-10  hashtag yang paling relevan dan populer saja.

8. Tag Akun Ternama

Tag akun ternama saat memposting foto maupun video untuk menambah follower (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Kalau sudah konsisten dengan apa yang ingin diposting, jangan ragu men-tag atau menandai akun-akun ternama. Misal, LookBook Indonesia untuk akun OOTD atau Folk Indonesia untuk akun-akun yang kerap memamerkan foto pemandangan indah. Tag mereka di postingan terbaikmu dan lakukan secara rutin. Dijamin jika foto kamu layak maka akun-akun tersebut tidak segan untuk mem-feature atau me-repost fotomu. Kamu makin dikenal dan otomatis followers bakal ikut bertambah.

9. Punya Akun Medsos Selain Instagram

Tambah media sosial untuk menjalin banyak relasi dan teman (Photo by freestocks.org on Unsplash)

Cara lainnya adalah kamu harus memiliki akun media sosial lainnya selain Instagram. Lebih baik jika kamu memiliki banyak aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Path dan media sosial lainnya. Bahkan kamu bisa menggunakan aplikasi Live Broadcast selain Instagram.
Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki akun Youtube. Mengapa? Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang mudah terhubung dengan media sosial lainnya. Jika memiliki semua itu, otomatis semua teman-teman maupun followers kamu yang ada di media sosial lain juga akan mengetahui akun Instagram-mu. Hal ini juga akan menguntungkan kamu untuk menambah likers dan juga followers akun Instagram-mu.

10. Kolaborasi dengan Selebgram Lain

Kolaborasi dengan selebgram lain akan menambah followers (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

“Jika ingin menjadi seorang selebgram, cobalah untuk berinteraksi dan berkenalan dengan sesama selebgram lainnya.    Jika perlu, kamu bisa membuat kolaborasi yang unik dan juga menarik.”

Ini adalah cara yang cukup efektif.
Pasalnya, jika memiliki hubungan yang baik dengan selebgram lainnya, otomatis kamu akan dipandang sebagai seorang selebgram yang ramah. Kamu juga bisa melakukan suatu hal yang kreatif dan inovatif dengan selebgram lainnya. Misalnya membuat video, song cover, atau hal unik lainnya.

Nah, itulah 10 trik mudah menjadi selebgram tanpa membeli ribuan followers di Instagram. Cukup mudah kan, coba praktikkan deh, siapa tahu berhasil dan kamu akhirnya bisa jadi selebgram yang dikenal dan populer.
Khusus untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, bisa memanfaatkan tools Celebgramme untuk meningkatkan popularitas akun IG tanpa perlu repot, tinggal Klik-klik dan Start. Proses akan otomatis berjalan 24 jam Nonstop, langsung cek websitenya di ► https://celebgramme.com/

Selamat mencoba.