10 Fitur Insta Stories Sukses Tambah Followers

Seberapa aktif kamu menggunakan Instagram?
Cuma skroling timeline atau swipe kanan stories punya temanmu?
Fitur apa saja sih yang sudah pernah kamu coba di Insta Story?

Tidak banyak pengguna Instagram yang mengetahui setiap fitur pada stories. Mereka kebanyakan hanya fokus pada timeline lalu memberikan komentar maupun likes. Sedangkan saat ini bila kamu ingin meningkatkan engagement dengan followers, maka kamu juga perlu post sesuatu di Insta story.

Semakin kamu kreatif, semakin banyak followers tertarik untuk menanti postingan kamu selanjutnya di insta stories. Nah bila kamu memposting secara rutin, followers kamu pasti bertambah.

Lalu, fitur-fitur menarik apa di Insta stories yang perlu kamu coba? Celebgramme memberikan ulasan mengenai 10 fitur Insta Stories yang sukses membantu menambah followers. Simak ulasan berikut ini.

Focus

(sumber: Blog Instagram)

Sudahkah kamu mencoba fitur paling baru yang dikeluarkan Instagram? Ya, Instagram baru saja meluncurkan fitur baru di platform-nya yang dinamai ‘Focus’. Penambahan fitur tersebut tersedia dalam pembaruan yang tersedia dalam Instagram versi 39.0 untuk iOS dan Android yang bisa diunduh di App Store dan Google Play.

Fitur Focus yang terlihat di sebelah Superzoom, di bawah tombol rekam ini memungkinkan pengguna untuk mengaburkan background gambar mereka hingga terkesan bokeh. Tidak hanya disediakan pada kamera belakang tapi juga kamera depan untuk selfie. Focus juga bisa diterapkan di video.

“Fitur Focus bekerja melalui kecerdasan buatan yang akan bekerja setiap saat untuk mendeteksi wajah dalam bidikan.”

Cara penggunaan fitur ini mudah. Lakukan foto selfie seperti biasa atau gunakan kamera belakang untuk mengambil foto teman. Saat kamu mengarahkan kamera tersebut kepada seseorang, kamu akan melihat orang tersebut tetap dalam fokus dengan background blur, sehingga membuatnya menonjol secara dalam foto. Klik tombol rekam untuk mengambil foto dan tekan tombol rekam selama beberapa detik untuk mengambil video. Setelah itu, kamu bisa menambahkan filter, stiker, dan teks pada foto atau video sebelum membagikannya kepada teman melalui Direct atau Stories.

Sayang, fitur ini masih terbatas untuk perangkat tertentu. Kamu bisa menikmati fitur ini pada ponsel yang memiliki teknologi pendeteksi wajah seperti iPhone X atau beberapa ponsel berbasis Android.

Type

(sumber: Adweek)

Fitur Story yang juga disukai pengguna Instagram adalah Type. Fitur yang sederhana dengan tulisan dan backgorund warna-warni ini biasanya digunakan untuk membagikan cerita. Tak hanya itu, para pemilik online shop juga kadang membagikan pemberitahuan diskon maupun promosi produk baru dengan fitur ini.

“Fitur Type digunakan untuk membagi cerita dengan bantuan tulisan dan background yang berwarna-warni.”

Salah satu faktor kenapa fitur ini diminati karena pengguna bisa sesuka hati mengganti jenis huruf (strong, modern, neon, typewriter), memberikan highlight pada tulisan, memilih background warna maupun menambahkan background foto dengan mengklik ikon kamera di kanan bawah.

Cara penggunaannya pun mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi Instagram, klik ikon kamera di pojok kiri atas atau pengguna bisa langsung ke tombol Stories. Setelah layanan Instagram Stories terbuka, pilih fitur Type yang berada di sebelah kiri setelah fitur Live. Selanjutnya, saat fitur Type aktif, pengguna Instagram bisa menuliskan apapun yang ingin ditulis dengan cara klik di bagian tengah gambar.

Rewind

(sumber: Blog Instagram)

Pernah nggak kamu menemukan video berjalan mundur di Insta Stories? Rupanya efek itu bisa kamu dapatkan di Insta Stories. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka Instagram Stories, menggeser menu kamera di bagian bawah layar, klik tombol Rewind yang berada setelah Boomerang, kemudian rekam seperti biasa.

“Fitur Rewind bisa memunculkan efek unik gerak mundur ke belakang.”

Untuk bisa mendapatkan hasil bagus, kamu perlu berlatih sebanyak-banyaknya. Sebab semakin sering berlatih, maka kamu akan tahu efek terbaik dari fitur ini.

Untuk kamu yang tertarik belajar lebih tentang Instagram dan bagaimana menggunakan media sosial ini agar mendapat banyak follower, kamu bisa mengikuti event terdekat yang diselenggarakan Digimaru. Apalagi buat kamu-kamu yang memang fokus meningkatkan engagemenat dengan konsumen. Dengan mengikuti seminar itu, kamu akan mendapatkan insight-insight mengenai bagaimana meningkatkan penjualan bisnis online didukung berbagai media sosial yang saat ini populer digunakan pengguna internet. Tertarik mengikuti seminar? Segera mendaftar di sini ► Event Terdekat.

Hands Free

(sumber: Pinterest)

Instagram juga menghadirkan solusi melalui fitur hands-free mode. Sesuai namanya, fitur itu membebaskan jempol kamu agar tak terus-menerus menekan tombol bulat ketika ingin merekam video.

“Fitur Hands Free memudahkan kamu ketika merekam video sehingga kamu nggak perlu menekan tombol terus menerus.”

Kamu cukup tekan sekali, lalu Stories akan tetap merekam momen hingga batas waktunya habis. Setelan hands-free terletak di samping kanan setelan boomerang, Untuk memanfaatkannya, kamu cukup menggulir opsi di bawah tombol bulat ke kanan.

Boomerang

(sumber: Techrunch)

Lihat deh, beberapa selebgram idolamu kalau bikin Instagram Stories bisa dipastikan ada yang memakai fitur Boomerang. Fitur ini laris dipakai karena bisa bikin postingan Stories makin kece. Dilakukan ramai-ramai oke, Stories-an sendiri pakai Boomerang pun juga nggak masalah.

“Fitur Boomerang memiliki efek gerak yang berulang-ulang sehingga foto kamu terlihat lebih dinamis.”

Kini fitur Boomerang di Instagram Stories juga bisa dikombinasikan juga dengan Face Filter yang baru saja muncul. Jadi, bikin video Stories nggak melulu gerak-gerak saja tapi juga bisa dihiasi dengan filter yang bisa ikut bergerak seperti wajah anak anjing atau wajah ilmuwan lengkap dengan rumus yang berputar di atas kepalanya.

Live

(sumber: The Drum)

Fitur satu ini bisa bikin kamu eksis banget dan menambah followers. Mirip seperti Periscope dan Facebook Live, kamu bisa merekam momen selama 1 jam dan kamu bisa berinteraksi juga dengan semua followers-mu. Kamu tinggal klik tombol Live di deretan fitur Instagram Story dan kamu bisa menyiarkan hal-hal menarik sesuka hati.

“Fitur Live bisa merekam momen hingga 1 jam dan menyiarkan secara langsung.”

Karena ini disiarkan secara langsung, maka jangan asal bikin Live Stories ya teman-teman. Pikirkan apa yang ingin kamu pertontonkan agar semua followers dan orang-orang mau memberikan Love yang bisa bikin konten Live Stories-mu jadi tersebar ke se-antero Instagram.

Hashtag, Lokasi, Stiker & Gif

(sumber: Blog Instagram)

Biar Stories-mu bisa dinikmati oleh semua pengguna Instagram terutama yang sedang berada di dekat lokasimu, gunakan fitur hashtag berbasis lokasi ini. Fitur ini bisa bikin Stories-mu terkurasi di explore dan bisa dinikmati oleh semua orang yang mengakses Instagram dan lokasinya berada di sekitar lokasi yang kamu jadikan hashtag.

“Fitur Stiker membantu kamu memberikan tag berupa lokasi, jam, hingga suhu pada sebuah foto di Stories.”

Fitur terbaru dari Instagram adalah memungkinkan pengguna untuk menambahkan stiker di Stories. Seperti di Snapchat, pengguna dapat menambahkan stiker dengan konten dinamis dan statis. Konten dinamis misalnya lokasi, jam, serta suhu. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu stiker dalam sebuah foto. Stiker juga dapat diubah ukurannya sesuai selera.

Untuk menambahkan stiker pada stories, caranya mudah. Kamu hanya butuh menekan tombol stiker di bagian kanan atas. Akan muncul stiker dinamis, stiker gambar serta emoji yang ada di perangkat kamu. Stiker hanya bisa ditambahkan dalam Stories kamu dan tidak bisa ditambahkan dalam postingan Instagram biasa.

Swipe Up

sumber: garyvee

Fitur satu ini juga bisa kamu eksis dan jadi selebgram lho. Gimana nggak bikin eksis, untuk mendapatkan fitur ini kamu wajib jadi akun yang di-verified alias mendapat tanda centang biru atau sudah memiliki di atas 10 ribu followers. Caranya mudah. Kamu tinggal membuka Instagram, lalu klik menu Story dan upload gambar. Setelah itu akan muncul menu edit Story. Di menu itu, kamu bisa menambahkan tautan dengan menekan ikon rantai di bagian atas. Tulislah tautan penting pada laman situs lalu klik done.

“Fitur Swiper Up membantu kamu mencantumkan tautan ke laman yang kamu tuju.”

Fungsi fitur ini banyak banget, misalnya saat kamu bikin Stories kamu bisa mencantumkan backlink ke blog atau akun YouTube-mu. Bila aku sering memposting dengan menggunakan swipe up, bisa meningkatkan enggagement dan followers akan banyak bertambah pula.

Face Filter

(sumber: Blog Instagram)

Biar eksis kamu juga bisa memanfaatkan fitur baru ini. Mirip dengan fitur milik Snapchat, Face Filter bisa mengubah wajahmu saat bikin video dengan filter wajah-wajah hewan lucu atau filter lainnya. Kamu bisa mencoba sesuka hati filter lainnya. Seperti filter mahkota putri hingga wajah profesor lengkap dengan rumus yang berkeliling di kepala.

“Selfie kamu semakin maksimal dengan adanya fitur Face Filter.”

Untuk bisa mencoba filter ini, kamu tinggal masuk ke menu Story dan klik ikon menyerupai wajah. Jangan lupa untuk mengubah mode kamera depan agar selfie kamu semakin maksimal.

Superzoom

(sumber: Blog Instagram)

Instagram menambah fitur Superzoom pada fitur Stories. Fitur tersebut memiliki efek memperbesar objek alias zoom in ke level berikutnya. Kamu bisa mendramatisir objek video menggunakan fitur ini karena ada latar musik menegangkan yang disisipkan. Kira-kira hasilnya serupa dengan efek zoom untuk menegaskan situasi krusial dalam opera sabun.

“Dengan menggunakan fitur Superzoom, postingan kamu terasa lebih dramatis karena ada sisipan latar musik menegangkan.”

Kamu bisa membuat Superzoom untuk apa saja. Misalnya untuk selfie, wajah lucu teman, atau bahkan makanan kamu yang sudah dimakan setengah. Opsi untuk fitur video Superzoom bisa ditemukan di samping fitur Boomerang. Untuk menjajalnya, seperti biasa kamu harus masuk ke antarmuka kamera Instagram Stories. Pilih superzoom dan mulailah merekam video kocak nan dramatis.

Demikianlah 10 fitur pada Insta Stories yang bisa kamu gunakan untuk menambah followers. Tentu saja semakin lucu, unik dan menarik postingan, kamu akan semakin ditunggu followers. Bila kamu lakukan secara rutin, maka engagement dengan followers akan terjaga.

Bila kamu tertarik mempelajari Instagram terlebih untuk kebutuhan bisnis online dan engagement dengan followers, kamu bisa mengikuti event terdekat yang diselenggarakan Digimaru. Dengan mengikuti event terdekat, kamu akan mendapatkan insight-insight mengenai bagaimana meningkatkan penjualan bisnis online didukung berbagai media sosial yang saat ini populer digunakan pengguna internet. Tertarik mengikuti seminar? Segera mendaftar di sini ► Cek Event Terdekat.