10 Ide Bio Instagram Ini Ampuh Tingkatkan Followers

Apa pentingnya bio Instagram? Kenapa perlu membahas bio Instagram? Apa efek besar bio Instagram dengan bisnismu?

Banyak orang nggak peduli dengan bio Instagram. Bahkan nggak sedikit yang membiarkan bagian bio kosong melompong. Bila akun Instagram hanya untuk keperluan pribadi, its oke. Tapi bila untuk keperluan bisnis, maka kamu harus berpikir lebih apa yang harus kamu tuliskan pada bio Instagram.

Mungkin ini terlalu cepat. Mari mempelajari satu persatu.

Instagram kini menjadi media sosial yang populer untuk menjual produk. Tercatat 53 juta orang menjadi pengguna Instagram. Sejauh ini, Instagram memang lebih efektif ketimbang media sosial yang lain. Menurut Later.com, Instagram jauh lebih efektif dari sosial media lainnya. 84 kali lebih efektif dari Twitter, 54 kali dari pada Pinterest dan 10 kali lebih efektif dari Facebook.

Ibarat perkenalan, bio Instagram berfungsi sebagai kartu nama. Calon konsumen atau pengguna Instagram lain pun akan tahu siapakah kamu sebelum skroling gambar pada timeline.

Karena itulah, kamu wajib memikirkan apa saja yang perlu ada pada bio Instagram bisnismu. Jika masih bingung, Celebgramme membagikan beberapa ide yang bisa kamu tiru di bawah ini.

1. Nama Jelas

Kalau kamu berniat untuk menjadikan Instagrammu sebagai lahan bisnis, usahakan menyertakan nama dengan jelas. Kalau memang ingin menyingkat nama untuk alasan estetik, pastikan kamu nggak malah membuatnya susah terbaca.

Pada dasarnya “username” dan “name” adalah dua hal yang pertama muncul ketika pengguna mencari sesuatu. Jadi kamu harus menyesuaikan dengan bisnis kamu. Kalaupun sudah terlanjur membuat “username” yang kurang tepat, tak perlu sedih. Kamu bisa mengatasi dengan “name” yang bagus.

Contoh: kalau kamu jualan aksesori, tinggal ditulis “Supplier Aksesori Surabaya” atau misalnya ada barang yang lagi booming banget dan sedang ramai diburu, boleh juga kamu tulis di name bio. Contoh : “Masker Lumpur asli Korea”.

2. Keterangan Singkat

Untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan, ada baiknya kamu memberikan sedikit keterangan. Cara ini bisa membuat calon konsumenmu sedikit memahami siapa dan apa brand kamu sebenarnya.

Kamu bisa tulis dengan berbagai desain, bisa listing vertical. Ada yang menyarankan sebaiknya maksimal 3 list dan dibantu dengan tanda baca garis verikal maupun tanda dot.

3. Hindari Emotikon Berlebihan

Emotikon memang bisa membuat bio Instagram menarik dan lucu. Tapi, kalau kamu terlalu banyak menggunakan emotikon, bisa-bisa bio Instagrammu menjadi terlalu ramai dan berlebihan.

Dari survey yang dilakukan pada 100 online shop di Instagram, 57 persen menggunakan emoji, sedangkan 43 persen tidak.

Kamu memiliki ruang terbatas di kolom bio. Sebaiknya gunakan emoji secara hemat. Emoji-emoji itu “bekerja” dengan baik ketika kamu menggunakan untuk mengidentifikasi informasi penyimpanan kunci. Misalnya lokasi, jam, email dan nomor kontak.

4. Kasih Link Blog

Bio Instagram adalah tempat yang paling tepat untuk mempromosikan channel lain yang kamu punya. Misalnya, kalau kamu punya blog, jangan ragu untuk mencantumkan link blog tersebut di bio Instagram. Buat kamu yang suka nge-vlog, nggak ada salahnya untuk kasih URL link video terbaru.

5. Bijak dengan Quote

Pecinta quotes? Pasti bio Instagrammu bisa jadi lebih menarik dengan mencantumkan quotes favorit. Usahakan pilih quotes yang nggak terlalu panjang tapi bisa mewakilkan dirimu ataupun feed Instagrammu.

Kelima cara di atas ini memang dianggap bisa menggaet banyak followers. Namun ada tips lain bila kamu tertarik menambah followers tanpa proses ribet. Kamu bisa menggunakan Celebgramme yang terbukti banyak membantu online shop mendapatkan engagement. Untuk informasi lengkap, klik disini.

6. Hashtag Kreatif

 

Buat kamu yang tertarik menggunakan hashtag atau tanda pagar pada kolom bio Instagram, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Misalnya beberapa hashtag yang bisa kamu tiru.

Contoh: hashtag bisa berhubungan dengan kata kunci (seperti #shoes), sebuah acara (seperti #coachella), atau tren Instagram khusus (seperti #picoftheday). Kamu bisa menggunakan hashtag terkait dengan merek seperti #ASOS, #cocacola, dll.

Hashtags generik umumnya baik untuk meningkatkan pencarian berkaitan dengan brand. Jika kamu memasang hashtag #picoftheday di bio, maka profil kamu akan terlihat ketika seseorang mencari hashtag ini.

Hashtags bermerek juga berguna untuk mengurasi postingan. Kamu juga dapat menggunakannya untuk meminta UGC (User-Generated Content). Misalnya minuman bersoda, Coca Cola baru-baru berlari sebuah kontes di mana pengguna harus mengirimkan gambar dengan hashtag #Coke Essence Festival Contest.

Namun jika ditanya apakah penggunaan hashtag perlu atau nggak, survey menunjukkan 86 persen online shop tidak menggunakan hashtag dan 14 persen menggunakanya.

Menariknya, di luar 14 toko yang digunakan hashtags, hanya satu digunakan tag umum. Sisanya digunakan hashtags.

Kesimpulannya, hashtag tidak diperlukan untuk bio Instagram yang kuat. Tapi jika kamu memasang hashtag maka gunakan hashtags bermerek dan digabung dengan kampanye UGC. Jika belum memiliki kampanye UGC, menambahkan hashtag akan membuang-buang sia-sia ruang.

7. Kontak Lengkap

Apa jenis informasi yang harus kamu masukkan dalam bio online shop? Email, nomor telepon, alamat atau toko jam? Jawaban sederhananya, apapun yang diperlukan.

Dari survey yang dilakukan diketahui bahwa online shop yang biasanya tidak memiliki lokasi fisik, akan menambahkan jam operasional. Namun email adalah cara yang jauh lebih baik untuk berkomunikasi dan mengumpulkan orderan.

Menariknya, banyak toko menuliskan nomor Whatsapp dan telepon. Hal ini berlaku terutama untuk toko yang terletak di luar AS dan Uni Eropa.

Ketika melihat di toko-toko yang lebih besar atau lebih dari 300 ribu followers, lebih banyak hanya menambahkan email saja sebab toko yang lebih besar mendapatkan lebih banyak pesanan. Menghubungi via telepon akan lebih sulit.

Sebenarnya nggak ada satu ukuran yang cocok untuk semua online shop. Kamu hanya perlu menyertakan apapun yang dirasa penting untuk memberikan layanan yang terbaik pada pelanggan kamu. Kamu menambahkan informasi lengkap. Contoh selain email dan no WhatsApp, tambahkan pula @Line dan akun Facebook Fanpage.

8. Call To Action (CTA)

CTA atau (Call to Action) ini bisa dibilang bagian paling penting dari setiap bio Instagram. Ini adalah apa yang kamu ingin pengguna untuk mengklik pada saat mereka mendarat di lamanmu.

Dari data survey diketahui bahwa sebagian besar toko masih belum membuat CTA yang tepat. 70 % online shop mengarahkan pengguna ke homepage. Padahal cara yang dianggap ampuh adalah ketika pengguna diarahkan ke halaman produk yang ditawarkan.

Jika dihubungkan ke website, setidaknya memastikan bahwa kamu memiliki bagian khusus untuk pendatang baru dan produk yang ditampilkan. Jadikan ini bagian paling atas pada halaman sehingga pengguna dapat menemukan produk di permintaan kamu dengan mudah.

9. Durasi Karakter Bio Terbatas

Kebanyakan online shop mengisi bio dengan rata-rata panjang profil sekitar 143 karakter. median adalah 150 karakter. Perlu diingat bahwa panjang ini termasuk CTA.

Toko yang memiliki bio yang sangat panjang (atau 200 karakter) biasanya menaruh banyak informasi dengan mencakup alamat toko, email, nomor telepon dan website di bio. Namun tak jarang online shop yang hanya menuliskan CTA dan hashtag.

10. Template Sederhana

Berdasarkan survey yang dilakukan, inilah yang harus kamu tuliskan pada bio Instagram:

  • Nama toko Anda
  • Panjang antara 140-160 karakter
  • Ada CTA menghubungkan ke pendaratan Instagram-tertentu atau halaman belanja sosial. Lain, link ke terbaru / produk Anda laris
  • Emoji untuk memberikan informasi kunci (nomor telepon, email, dll.)
  • Hashtag hanya untuk gambar dan video atau jika kamu memiliki kampanye UGC
  • Keterangan singkat

Inilah template yang bisa kamu tiru ►

[Nama Toko] [Keterangan] Tag your pics with [#Hashtag] 📧 [Email]  [Phone Number] [CTA Link]

Itulah 10 ide penggunaan ide bio Instagram yang terbukti bisa meningkatkan follower. Bila sudah mempraktikkan cara di atas, tunggu saja peningkatan engagement, jumlah klik dan follower pada akun online shop kamu. Mudah, bukan? Selamat mencoba.

 

Cara di atas ini memang dianggap bisa menggaet banyak followers. Namun ada tips lain bila kamu tertarik menambah followers tanpa proses ribet. Kamu bisa menggunakan Celebgramme yang terbukti banyak membantu online shop mendapatkan engagement. Untuk informasi lengkap, klik disini.