10 Ide Instagram Stories Ampuh Menaikkan Followers

Kemunculan fitur Instagram di tahun 2013 sempat dianggap peniru snapchat. Namun 3 tahun kemudian pengguna Instagram Stories meningkat tajam daripada snapchat. Kini siapa sih yang nggak addict dengan Instagram Stories? Dengan durasi yang singkat, kamu bisa menikmati konten dari Instagram yang kamu follow.

Durasi yang singkat dan kemuncul hanya 24 jam itu pula yang membuat kreator konten mesti berpikir keras agar konten yang dibuat tepat sasaran. Karena konten yang tepat sasaran bisa menaikkan penjualan hingga 6kali lipat. Lalu konten seperti apa yang bisa menaikkan followers? Celebgramme mengulas 7 ide menarik konten Instagram Stories yang bisa kamu tiru agar followers kamu meningkat.

1. Konten Di Balik Layar

(sumber: marketingsolved.com)

Jika Instagram feed ini menjadi tempat untuk pra- produksi foto dan video yang dipoles, Stories bisa  menjadi cara yang baik untuk memperlihatkan di balik layar konten yang muncul pada feed.

“Dengan Stories, kamu menjalin kedekatan dengan menceritakan behind the scenes atau perjalanan sebelum produk kamu dipamerkan.”

Misalnya, sebuah restoran bisa memposting gambar di feed mereka dengan judul hidangan baru dan kemudian membuat story serta bekerja sama dengan blogger makanan terkenal untuk mereviewnya. Contoh lainnya, Pencils of Promise yang membawa follower mereka ke behind the scenes kantor mereka di New York dan UFC yang menggunakan stories untuk menunjukkan salah satu atlit mereka saat di supermarket dan men-sharing makanan yang dia konsumsi selama training camp.

2. Posting 2-3 Kali Sehari

(sumber: marketingsolved.com)

Perusahaan analis media sosial Quintly pernah meneliti sekitar 5000 profil pengguna dan menemukan bahwa rata-rata akun Instagram akan mengunggah satu foto per hari. Temuan lainnya, rata-rata akun yang punya banyak followers cenderung mengunggah lebih dari 2-3 foto setiap hari.

Melihat temuan itu dapat ditarik simpulan, kesuksesan sebuah akun bergantung pada berapa sering kamu mengunggah foto. Namun kamu tetap mesti memperhatikan konsistensi postinganmu. Selain memiliki banyak stok foto untuk diunggah, jaga agar akun produk yang kamu tawarkan selalu bisa mengunggah foto baru setiap hari.

Untuk kamu yang tertarik belajar lebih tentang Instagram dan bagaimana mengoperasikannya agar penjualan bisnis online kamu meningkat, anda bisa belajar di seminar social media marketing ► DIGIMARU. Dengan mengikuti seminar itu, kamu akan mendapatkan insight-insight mengenai bagaimana meningkatkan penjualan bisnis online didukung berbagai media sosial yang saat ini populer digunakan pengguna internet.

3. Secara Live

(sumber: marketingsolved.com)

Saat ini, orang-orang sangat antusias bila ada notifikasi konten video live. Dengan adanya Stories secara Live seakan memberikan pengalaman yang nyata pada konsumen kamu. Engagement pun bisa tercipta karena konsumen merasa dekat dengan apa yang kamu siarkan secara langsung.

Para kreator bisa menghasilkan konten yang interaktif. Misalnya dengan tanya jawab secara langsung. Contoh lainnya, kamu melakukan live utuk promosi produk terbaru dan menjelaskan penggunaan secara langsung.

“Video live sangatlah menarik dan bisa menjadi cara yang baik bagi produk untuk membuat akun Instagram mereka terlihat hidup.”

Jika kamu ingin lebih mudah engagement dengan konsumen hingga dapat menaikkan lebih cepat jumlah follower secara natural, kamu bisa menggunakan tool Celebgramme. Kamu akan dimudahkan dalam meningkatkan engagement Instagram secara otomatis 24 jam sehari. Hasilnya, follower kamu akan bertambah secara organik dan akan semakin tinggi trust & connectionnya dengan kamu pribadi atau dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

4. Menggunakan Filter kekinian dan Tepat

(sumber: marketingsolved.com)

Peneliti-peneliti dari Georgia Tech dan Yahoo Labs pernah meneliti korelasi antara filter yang disediakan Instagram dengan reaksi pengguna media sosial tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa ada filter foto tertentu yang dapat memancing Like dan ada filter lainnya yang bisa memancing komentar.

“Mereka juga menyimpulkan bahwa foto berfilter punya kesempatan 21 persen lebih tinggi untuk dilihat orang serta 45 persen lebih tinggi untuk dikomentari dan diberi Like.”

Nah, agar kamu dapat menggunakan filter yang tepat, para peneliti itu juga telah merangkum saran. Filter paling pas untuk memancing komentar dan lirikan mata orang antara lain, punya eksposur tinggi, temperatur warnanya hangat, dan punya kontras tinggi. Sedangkan filter yang cenderung negatif adalah saturasi warna berlebihan dan efek yang membuat warna foto menjadi tua. Kedua filter ini cenderung tidak dilirik dan jarang dikomentari.

5. Promosi dengan jangka waktu tertentu

(sumber: marketingsolved.com)

Karena Instagram Stories akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam, maka hal ini sekaligus menjadikannya media yang tepat untuk mempromosikan penjualan yang berbatas waktu. Cara ini banyak digunakan oleh bisnis konvensional, dan Instagram Stories membuatnya semakin mudah dan lebih efektif.

“Kombinasi e-commerce dan Instagram Stories adalah yang terbaik untuk hal ini. Siapa cepat, dia yang dapat!”

*Contoh: brand Xiaomi menjual gadget spesifikasi tinggi dengan harga murah edisi terbatas, ternyata habis dalam 30 menit pertama setelah dipromosikan.

6. Tutorial How-to

(sumber: marketingsolved.com)

Konten paling diminati di YouTube dan Google adalah tutorial. Setiap hari banyak orang yang datang dan berselancar di internet untuk mencari tahu bagaimana sesuatu berjalan dan cara terbaik menjalankannya.

Begitu juga halnya dengan Instagram Stories. Daripada mengunggah sesuatu yang selalu berbau penjualan, sesekali gunakanlah Stories untuk membagikan hal-hal bermanfaat. Misalnya seperti bagaimana menghemat uang bulanan atau bagaimana menjadi pembicara yang baik dan lupakan sejenak soal penjualan.

7. Bikin Daftar dengan Hitungan Mundur

(sumber: marketingsolved.com)

Sepertinya cara ini pertama kali dilakukan (hingga sekarang) oleh Airbnb. Mereka membagikan tempat-tempat terbaik untuk menghabiskan masa tua, gedung-gedung terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam, hingga sudut-sudut terbaik saat bekerja di Airbnb itu sendiri.

Untuk meniru cara ini, mungkin bisa dimulai dengan berbagai cara menggunakan suatu produk, statistik dan fakta terbaru tentang sebuah brand. Kamu bisa juga mengambil dari konten terpopuler di bulan ini. Contoh lain: kamu bisa membagikan daftar buku terbaik dan terlaris sepanjang tahun hingga hal-hal terbaru dari kehidupan media sosial yang tidak boleh dilewatkan.

8. Data, Penelitian, dan Statistik

(sumber: marketingsolved.com)

Orang-orang juga selalu suka ketika disuguhkan dengan data statistik yang mencengangkan. Cari tahu statistik menarik seputar industri yang digeluti dan bagikan kepada audiens untuk menarik atensi mereka selama mungkin. Jika tidak ada data yang bisa dibagikan terkait brand (mungkin karena masih baru), cobalah dengan membagikan Statistik Instagram itu sendiri.

9. Kutipan dan Inspirasi

(sumber: marketingsolved.com)

Banyak influencer di media sosial yang membagikan kutipan motivasi yang menginsipirasi lewat Instagram Stories. Beberapa influencer bahkan memuat kutipan pada feed mereka.

Tetapi, membagikan kutipan tidak harus selalu dari motivator terkenal. Kutipan bisa juga berasal dari penggalan kalimat dalam blog post terbaru, dan jika memang menarik, maka akan sangat berguna untuk meningkatkan engagement.

10. Giveaway dan Kupon Diskon

(sumber: marketingsolved.com)

Untuk menarik minat fans semakin jauh, sesekali buatlah giveaway atau bagikan kupon di Instagram Stories untuk melihat peningkatan interaksi yang semakin aktraktif. Penonton selalu menyukainya dan akan berpikir ulang untuk melewatkan kesempatan.

Kode diskon bahkan digunakan oleh hampir seluruh brand untuk menarik audiens dan meningkatkan konversi ke situs web mereka. Pada waktu tertentu, kode kupon bisa digunakan untuk melacak berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari Instagram Stories dengan kode unik.

Itulah ke-10 ide konten Instagram Stories yang bisa kamu tiru untuk meningkatkan followers kamu. Semakin menarik konten yang dibagikan maka akan semakin betah juga penonton menunggu update terbaru. Bagi penonton ini adalah hiburan yang tidak bisa dilewatkan, tetapi bagi kreator konten, ini adalah persaingan untuk merebut hati mereka dan mengambil tempat di pasar.

Khusus untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, bisa memanfaatkan tools Celebgramme untuk meningkatkan popularitas akun IG tanpa perlu repot, tinggal Klik-klik dan Start. Proses akan otomatis berjalan 24 jam Nonstop, langsung aja lihat fitur terbarunya disini ► https://celebgramme.com/