3 Prinsip Sederhana Sukses Berbisnis Online

 

Siapa sih yang nggak pengen punya bisnis yang stabil? Yang bakal bisa tahan lama berpuluh-puluh tahun. Bisnis online yang bisa memberikan gaji tetap setiap bulan? Semua orang ingin sukses dalam berbisnis online. Namun tidak banyak orang yang memahaminya. Ingat, modal nekat saja tidak cukup.

Mungkin kamu berpikir bisnis online itu mudah. Hanya posting di media sosial, sebar ke orang lain lalu bisnis online kamu bisa sukses. Tidak semudah itu. Berbisnis online memerlukan usaha yang lebih. Bahkan untuk bisa bertahan lama, kamu perlu memahami strategi atau prinsip sukses berbisnis online.

Untuk bisa sukses memiliki bisnis online, kamu perlu memahami prinsip sederhananya. Namun jangan sepelekan prinsip ini hanya karena sederhana. Sebab banyak orang gagal berbisnis online karena tidak mau belajar. Celebgramme akan mengulas 3 prinsip sederhana sukses berbisnis online untuk kamu. Cek ulasannya berikut ini.

1. Fail Cheap, Fail Fast, Fall Forward

Photo by rawpixel on Unsplash

Banyak orang berpikir ketika mencoba berbisnis online, jalannya akan linier menanjak terus menerus. Pada kenyataannya bisnis tidak semuanya berjalan demikian. Ada orang yang bisnisnya set langsung meluncur ke atas, langsung melonjak. Tidak hanya pebisnis, di era digital ini semua orang bisa terkenal dan viral hanya karena 1 sebab saja. Masih ingat artis tik tok, Bowo Alpenliebe. Dia bisa langsung melonjak karena aksi imutnya.

“Kelebihan bisnis online, kamu bisa mengetesnya terlebih dahulu sebelum terjun berbisnis dan mengeluarkan modal yang banyak.”

Enak zaman sekarang, kamu bisa meriset sebelum terjun ke dunia bisnis online dan memulai online shop. Misalnya kamu melakukan tes iklan, mengecek di marketplace apakah produk yang akan kamu jual memiliki pasar dan ada masa depan untuk laris. Sebaiknya kamu kumpulkan banyak informasi mengenai produk yang akan kamu jual. Make sure data kamu benar.

2. Konsistensi

Photo by bruce mars on Unsplash

Konsistensi ini sulit. Apalagi untuk orang yang tidak sabaran. Namun percayalah konsistensi untuk jangka panjang akan selalu menang daripada intensitas yang jangka pendek. Orang yang bisa bertahan dalam 1 kondisi secara konsisten akan bisa belajar. Misalnya kamu memiliki online shop snack ringan. Cobalah berjualan secara konsisten. Cari solusi kenapa bisnis kamu sepi dengan beriklan, menyebarkan informasi mengenai lapakmu ke teman-teman. Lalu jangan lupa untuk analisa. Cari hal terbaik dan lakukan berulang kali.

“Namun percayalah konsistensi untuk jangka panjang akan selalu menang daripada intensitas yang jangka pendek.”

Hindari berjualan ala palugada. Apa yang kamu cari, aku ada. Misalnya hari ini kamu jualan hijab, besok sate padang, lusanya jual sambel bawang. Bisnis kamu tidak akan sukses. Ketika merasa sepi, kamu langsung mencari produk pengganti tanpa memahami apakah produk tersebut akan laris. Orang yang tidak konsisten akan sulit mencapai kesuksesan. Karena mereka tidak pernah belajar.

3. Bergaul dengan Teman yang Tepat

Photo by Akson on Unsplash

Siapa sih yang nggak mau punya teman yang tepat? Ingat dulu semasa sekolah, orang tua sering bilang untuk jangan berteman dengan anak yang bandel. Carilah anak yang pintar. Mereka takut kamu ketularan bandel. Atau jika kamu sedang punya hobi tenis, maka cari teman yang andal bermain tenis. Begitu pula dengan berbisnis online. Dengan memiliki teman-teman yang kesukaan yang sama, segala hal berhubungan passion akan dibicarakan setiap hari. Ini akan berguna untuk otak Anda.

“Mencari orang yang memiliki visi, hobi atau passion yang sama akan mendorong kamu menjadi lebih baik dan jago di skill itu.”

Untuk kamu yang ingin sukses berbisnis online, datanglah ke seminar atau workshop. Lalu cari teman yang berbisnis online juga. Apapun produknya tidak masalah asalkan berbisnis online. Sharing mengenai bisnis online yang akan kamu bangun pada teman atau komunitas bisnis yang kamu temui di event tersebut. Biasanya orang-orang itu akan saling berbagi pengalaman. Dari sanalah, kamu akan mendapat banyak informasi. Bisnis online kamu bisa berjalan dengan cepat.

Mau mendatangi event seminar yang menarik di tanggal terdekat? Digimaru mengadakan Road to 100 yang khusus membantu kamu menuju kesuksesan dengan omzet 100 juta di tahun pertama memulai bisnis online. Dengan mengikuti event menarik ini, kamu bisa menambah pengetahuan mengenai perkembangan bisnis online hingga mendapatkan solusi menghindari bisnis gagal. Jika tertarik lebih lanjut, info selengkapnya klik ► http://digimaru.org. Segera mendaftar karena event Digimru selalu sold out.

Informasi mengenai 3 prinsip sederhana yang membuat bisnis online sukses ini didapat dari Teknobie. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa melihat video di bawah ini: