5 Cara Bikin Video Kamu Viral dengan IGTV

Inovasi besar terus dilakukan Instagram. Tidak selesai dengan fitur-fitur lucu pada Instagram Stories, kini ada lagi yang paling baru dari Instagram, yakni IGTV. IGTV adalah platform mandiri dari Instagram yang hanya fokus pada video berformat vertikal. Kelebihannya, kamu bisa mengupload video hingga berdurasi 1 jam dan konten yang diunggah tidak akan hilang layaknya Stories.

Inovasi ini digadang-gadang mampu menyaingi YouTube sebagai penyedia konten video selama ini. Apalagi dengan jumlah pengguna Instagram yang terus meningkat setiap bulan. Dilihat dari perkembanganya, ada penambahan 100 juta pengguna setiap empat bulan, lalu naik 800 juta pengguna pada 2017 dan mungkin akan mencapai 1 milliar pada bulan ini.

Tidak hanya untuk pengguna, adanya fitur anyar ini tentu menjadi tantang terbaru bagi kreator konten video. Mereka yang terbiasa menggunakan format landscape atau horizontal harus memikirkan konten menarik untuk format yang berbeda, yaitu vertikal atau portrait. Ya tentu saja konten yang menarik bisa mendatangkan lebih banyak followers.

“Ini adalah waktunya konten video lebih maju dan berevolusi,” kata CEO Instagram, Kevin Systrom, dari TechCrunch. “IGTV adalah platform untuk menonton video panjang dari kreator-kreator kesukaan kamu,” ia menambahkan.

Lalu sudahkah kamu menggunakan IGTV? Atau masih bingung bagaimana menggunakan platform tersebut? Celebgramme akan mengulas tutorial lengkap menggunakan fitur terbaru dari Instagram, IGTV. Berikut ulasannya.

1. Instal IGTV

Photo by freestocks.org on Unsplash

IGTV adalah layanan Instagram yang memungkinkan penggunanya agar bisa membagikan dan menonton video berdurasi panjang (hingga satu jam). Uniknya tampilan video di IGTV hadir secara vertikal dan penuh di layar smartphone. Perlu diketahui pula bila sebenarnya IGTV dihadirkan dalam bentuk aplikasi mandiri, hanya saja Instagram juga tetap menambahkan IGTV sebagai fitur baru yang disematkan dalam aplikasi Instagram biasa.

“IGTV sudah bisa diinstall dan telah tersedia pada iOS dan Android.”

Karena itu, sebelumnya kamu wajib menginstal aplikasi yang sudah tersedia di iOs maupun Android.

2. Pemakaian Mudah

Photo from Techcrunch

Ketika membuka aplikasi tersebut, pengguna akan langsung melihat video-video pilihan tanpa harus melakukan pencarian (searching). Mekanisme ini serupa dengan yang dilakukan TikTok. Video-video pilihan itu berdasarkan algoritma, sehingga relevan dengan minat masing-masing pengguna. IGTV juga mendahulukan video dari orang-orang yang telah diikuti pengguna di Instagram.

“Desain IGTV sangat simpel. Siapapun langsung bisa menikmati konten video dari awal membuka aplikasi tersebut, tanpa repot klik di sana-sini.”

Meski berdiri sendiri, IGTV memiliki tombol khusus di aplikasi Instagram. Pengguna bisa menekan tombol tersebut ketika hendak beranjak ke IGTV, baik untuk membuat atau menonton video vertikal. Tombol IGTV di aplikasi Instagram juga berfungsi sebagai notifikasi. Pengguna bakal diberi tahu bila ada video baru dari kreator kesukaan mereka. Untuk sementara, IGTV masih bebas dari iklan.

3. Tantangan Baru Bagi Kreator Untuk Menambah Followers

Photo from Instagram Press

Fitur terbaru pada Instagram selalu menarik perhatian pengguna. Siapapun bisa menggunakan dan cara mengaplikasikan fitur tersebut sangat mudah. Terlebih lagi pada IGTV, pengguna bisa menyaksikan video berformat vertikal dan full screen. Format ini sungguh baru dan memberikan pengalaman yang berbeda. Bayangkan kamu menonton video vertikal dengan format full screen pula. Ini juga menjadi tantangan bagi kreator konten video untuk terus membuat karya yang menarik. Sebab dengan konten yang menarik, tentu saja bisa mendatangkan lebih banyak lagi followers.

“Semakin kreatif dalam pembuatan konten video, maka akan lebih banyak followers yang mengikuti akun Instagram kamu.”

Untuk kamu yang tertarik menambah followers secara natural dan organik, kamu bisa mencoba Celebgramme. Alat otomasi ini mengoptimalkan aktivitas kamu di Instagram. Dengan menggunakan otomasi Instagram, kamu akan mendapatkan kemudahan meliputi mengikuti hashtag terkini, menentukan target follower hingga berkomentar di DM. Untuk informasi lengkap, klik Celebgramme.

4. Cara Menonton Video IGTV di Instagram

Photo from Instagram Press

Instagram memudahkan pengguna dalam mengakses IGTV dari aplikasi Instagram. Untuk menonton video yang diposting di IGTV maka kamu bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram; klik pada tombol fitur IGTV di bagian atas, dekat dengan Direct Message
  2. Selanjutnya secara otomatis video akan berjalan
  3. Untuk melihat video yang lain, kamu bisa melakukan swipe layar ke kanan atau ke kiri pada daftar video. Kamu juga dapat mencari video yang diinginkan berdasarkan kategori tertentu (For You, Following dan Popular)
  4. Kamu bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video di IGTV

Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa mengakses video-video di IGTV melalui layanan Instagram versi web. Kini Instagram membuat durasi lebih lama yang disebut IGTV untuk mendorong para kreator membuat konten yang menarik selama 10 menit hingga 1 jam. Lalu bagaimana cara mengunggah konten video? Ikuti tips selanjutnya.

5. Cara Memposting Konten Video ke IGTV

Photo from Instagram Press

Untuk bisa memposting video ke IGTV, maka kamu perlu memperhatikan beberapa syarat penting, yaitu:

  • Durasi video yang bisa diposting adalah 15 detik sampai dengan 10 menit. Sementara durasi video yang lebih panjang, yaitu 60 menit hanya bisa diposting oleh pemilik akun Instagram dengan jumlah followers besar dan akun Instagram yang telah terverifikasi (tercentang biru) melalui komputer.
  • Format video MP4
  • Video dalam bentuk vertikal dengan aspect ratio minimal 4:5 dan maksimal 9:16
  • Batas besar file video adalah kurang dari 650MB untuk video berdurasi 10 menit. Sementara video dengan durasi 60 menit dibatasi besar file 5.4GB
  • Isi video tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh Instagram
  • Kamu perlu membuat saluran (channels) di IGTV.  Caranya mudah. Kamu cari tombol pengaturan pada IGTV yang ditandai dengan gambar ikon roda bergigi lalu pilih Buat Saluran (channels). Ikuti petunjuk yang tertera pada layar untuk menyelesaikan proses membuat saluran.

Setelah semua syarat di atas telah terpenuhi maka kamu bisa mulai memposting video ke IGTV dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram lalu lakukan tap pada tombol fitur IGTV yang terletak di kanan atas layar halaman Instagram.
  2. Buka saluran yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Klik tanda “+” untuk menambahkan video
  4. Pilih video yang ingin diposting, lalu akses pilihan bertuliskan “Berikutnya“.
  5. Tambahan judul dan deskripsi konten video kamu.
  6. Akses tombol “Posting” untuk menyelesaikan tahap memposting video.

Demikianlah ulasan mengenai tutorial lengkap menggunakan IGTV. Ulasan mengenai informasi menginstal, menonton konten video hingga cara memposting video ini semoga bisa menginspirasi pengguna Instagram. Selamat mencoba dan semoga berhasil menarik lebih banyak followers lagi.

Khusus untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, bisa memanfaatkan tools Celebgramme untuk meningkatkan popularitas akun IG tanpa perlu repot, tinggal Klik-klik dan Start. Proses akan otomatis berjalan 24 jam Nonstop, langsung cek websitenya di ► https://celebgramme.com/