Ini nih! 5 Tipe Foto Instagram yang Bikin Terkenal

Yang pingin Olshopnya semakin dikepoin followers, wajib tahu!

Instagram memang lagi booming sekarang, dengan 700 juta pengguna aktif tiap bulannya – 2 kali lipat dari pengguna Twitter. Melihat jumlah pengguna yang besar ini, tentu banyak online shop dan bahkan selebgram yang memanfaatkan Instagram sebagai platform mereka. Mereka pun berlomba-lomba untuk menarik perhatian followers supaya betah follow, likes, dan belanja. Atau dengan kata lain terus aktif engage dengan account mereka.

Apa yang bisa dilakukan olshop dan selebgram supaya terus engage dengan followers-nya? Berdasar pengamatan kami, konten postingan punya pengaruh besar terhadap hal ini. Gambar dengan kualitas buruk harus dibuang jauh-jauh dari feed IG. Bahkan konten yang terlalu jelas “jualan” pun biasanya kurang digemari IG user.

Mau tahu konten apa aja yang sering dikepoin followers? Berikut kami berikan 5 contoh postingan yang sering dipakai oleh berbagai brand atau selebgram terkenal untuk menggaet hati followersnya:

1. Posting yang Interaktif

Bisnis bergerak mengikuti permintaan pelanggannya, right? Anda bisa mengenali keinginan customer sekaligus meningkatkan engagement dengan jenis postingan yang melibatkan followers untuk comment, likes, atau tag temannya. Ketika Anda bisa membuat konten seperti ini, efeknya bisa sangat luar biasa dan viral lho! Followers akan merasa dihargai dan didengarkan karena telah terlibat dalam pengambilan keputusan olshop Anda.

Misalnya pada account di atas, ia menanyakan pada followersnya, outfit manakah yang paling disukai oleh followersnya. Mereka berhasil mengumpulkan hampir 4273 likes dan 367 comments. Dari sini Anda bisa mengetahui apa yang disukai oleh mayoritas followers untuk campaign atau ide produk berikutnya, sekaligus mengumpulkan traffic!

Coba ajak followers memberikan comment “Yes or No”, “Yay or Nay”, atau menjawab pertanyaan yang diberikan. Bisa juga dibuat dalam bentuk voting dari beberapa pilihan yang disediakan. Atau misalnya Anda meminta followers untuk “tag teman kamu yang cinta banget sama sneakers belelnya”. Anda bisa melakukan hal ini untuk mencari tahu apa yang tengah ngetren di followers Anda, voting pilihan rasa atau warna untuk varian produk baru, menentukan hadiah apa yang mau dibagikan, dan sebagainya.

2. Posting Promosi Khusus

Siapa yang tidak suka promosi dan barang gratis? Promosi khusus memang selalu mengundang rasa penasaran customer, baik untuk bisnis offline ataupun online. Beberapa macam promosi yang bisa Anda berikan adalah discount, spam likes, giveaway, kompetisi, tag your friends, dan sebagainya.

Ingat, jangan terlalu sering mengadakan promosi ini supaya memberikan urgency bagi followers untuk mengikutinya. Lebih baik diadakan pada momen-momen tertentu seperti hari besar, anniversary olshop, mencapai jumlah followers tertentu, dan sebagainya. Pastikan Anda memberikan instruksi dan deadline yang jelas supaya followers bisa mengikutinya.

Giveaway @lagirlcosmetics ini misalnya, menjelaskan peraturan secara jelas dan memadukannya dengan metode tag your friends sehingga membuat banyak followers yang ingin mengikutinya. Perlu booster tambahan supaya promosi tambah ramai? Anda bisa memakai tools khusus untuk meningkatkan engagement seperti Celebgramme untuk mendongkrak likes, comments, dan followers yang tepat sasaran.

3. Posting yang Inspiratif

Jika Anda menjual suatu barang, jangan terus-terusan memasang foto katalog barang Anda! Hal itu pasti membuat followers bosan. Yang paling mudah, kreasikan penggunaan produk Anda sehingga customer bisa mendapatkan ide-ide baru. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Tidak begitu kentara “jualannya”, apalagi ditambah dengan endorsement selebgram seperti ini.

Jika produk Anda adalah fashion items, padu padankan produk dengan outfit yang keren. Jangan lupa beri hashtag #OOTD dan sejenisnya. Dengan begitu, followers jadi mendapatkan ide-ide baru bagaimana memakai produk Anda & merasa lebih worth it untuk membeli barang tersebut. Begitu juga dengan produk makanan, Anda bisa posting resep DIY dengan produk Anda sebagai bahannya. Ini adalah jenis post yang sangat sering dipakai oleh online shop instagram maupun selebgram.

4. Motivational Quotes

Buka google, cari motivational quotes yang cocok untuk followers Anda. Jangan lupa tambahkan design yang menarik supaya followers makin getol memberi likes. Kalau desain menarik dan quotenya pas, tidak sedikit followers yang mau repost di profil pribadinya lho!

Quote inspirasional merupakan salah satu posting untuk meningkatkan engagement yang paling mudah, karena Anda bisa membuatnya sendiri tanpa biaya. Jangan lupa masukkan logo atau elemen design khas brand Anda, tapi jangan terlalu banyak supaya tidak kelihatan “promosi”. Lihat contoh milik @chanelofficial ini, quote-nya keren, dengan warna hitam yang menjadi signaturenya, dan tanda tangan yang classy sebagai brandingnya.

5. Behind The Scene

Tipe foto ini cocok bagi Anda yang memiliki workshop, kantor, tempat produksi, toko offline dan sebagainya. Ambil gambar yang bagus dalam proses produksi produk Anda, misalnya ketika membuat kue pesanan customer, menjahit sepatu pre-order, dan sebagainya. Atau mungkin memperlihatkan beberapa staff yang sedang sibuk menangani chat calon customer.

Contohnya bisa dilihat di akun @bobbin.hood ini. Melalui sebuah video, ia menjelaskan bagaimana ia membuat sablon secara manual. Tambahkan juga caption dan hashtag yang mendukung. Foto atau video seperti ini bisa meningkatkan trust customer dan kredibilitas customer Anda. Customer mendapat informasi bahwa online shop Anda memang sungguh-sungguh beroperasi secara profesional, bukan olshop abal-abal. Olshop Anda berani membuka “gudang” – hal yang mungkin tidak banyak olshop lain berani lakukan!

Setelah menyiapkan berbagai konten posting yang keren dan inspiratif, jangan lupa memakai tools engagement otomatis seperti Celebgramme untuk menambahkan likes dan comments jadi makin banyak lagi! Efeknya akan semakin signifikan untuk instagram online shop, ataupun kamu yang ingin ngehits jadi selebgram!

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: