5 Tips Posting Video Viral di Media Sosial

Semenjak Instagram menambahkan fitur view, pengguna media sosial ini berlomba membuat video keren lalu mengunggahnya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengetahui berapa banyak jumlah followers yang melihat video unggahan di Instagram. Selain itu, fitur penghitungan view di Instagram semata-mata memaparkan jumlah impresi. Meski tidak dibeberkan secara spesifik siapa saja follower yang melihat konten video unggahan seperti likes.

Karena merasa diapresiasi dengan ditonton melalui view, semakin banyak pengguna Instagram yang men-upload video. Terlebih durasi video pada feed Instagram kini semakin lama, yaitu 1 menit. Variasi video pun beragam. Ada yang video tips, video emotikon ala Snapchat, maupun kreatif seperti timelapse. Apapun jenis video yang dibuat memang diupayakan untuk mendapatkan banyak view.

Tidak hanya dari segi pembuatnya saja yang terus mengasah kreatifitas. Namun pengguna Instagram lainnya juga banyak yang tertarik bahkan memang mencari video-video kreatif, unik hingga yang bikin ngakak. Video seperti itu banyak dijumpai di saat makan siang atau saat pulang kantor karena banyak orang mengunggahnya ketika orang-orang memiliki banyak waktu luang.

Dengan banyaknya animo masyarakat yang tertarik menonton video di Instagram, kenapa kamu tidak menambahkan video sebagai konten pada media sosial online shop kamu. Video dapat menjadi cara yang bagus untuk memamerkan produk kamu, menyoroti kepribadian kamu dan terhubung dengan audiens bisnis online kamu. Untuk bisa menarik perhatian, tentu kamu wajib menyelaraskan dengan tren konsumsi video dan karakter bisnis online kamu. Nah sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum membuat video tersebut. Cek ulasannya berikut ini.

1. Pertimbangkan tujuan kamu

Photo by rawpixel on Unsplash

Sebelum mulai merekam, pikirkan untuk apa video itu dan tujuannya. Apakah kamu ingin memamerkan produk terbaru? Apakah kamu akan memberikan hiburan? Apakah kamu ingin membantu audiens mengenalmu dan membangun engagement brand yang lebih baik? Usahakan kamu memiliki tujuan jelas bahwa menjadi disengaja atau tidak apa tujuan kamu membuat konten video yang selaras dengan audiensmu.

“Tuangkan ide sederhana kamu ditambahkan dengan karakter brand untuk memudahkan membuat video yang akan dibuat.”

Dari tujuan yang jelas digabungkan dengan karakter brand kamu, itu akan memudahkan video apa yang akan dibuat. Lalu jabarkan ide tersebut ke dalam blueprint ringan. Misalnya apa saja yang ingin kamu rekam, apa bagian produk terbaru kamu yang ingin ditonjolkan, dan citra yang dibangun untuk campaign terbaru bisnis online kamu.

Baca Juga: 5 Penyebab Online Shop Gagal di Tahun Pertama

2. Di mana video akan diposting

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Kini semakin banyak media untuk menayangkan video kampanye kamu. Jika tertarik menaruhnya di media sosial pun, ada banyak pilihan. Misalnya di Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat maupun YouTube. Ambil contoh, kamu akan menaruhnya di Instagram. Kamu pun perlu memikirkan spesifiknya, apakah di feed, story atau di IGTV. Kenapa perlu? Sebab ketiganya memiliki karakter khusus yang perlu kamu pahami. Setiap platform memiliki durasi, format tampilan berbeda, opsi kreatif, dan lain-lain.

“Semakin spesifik kamu memasang video, akan memudahkan dalam penggunaan teknik dan durasi video.”

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah orang yang menonton video di seluler, membuat konten video vertikal menjadi pertimbangan yang lebih besar. Format video vertikal yang disukai ada pada IGTV dan Snapchat. Namun beberapa waktu belakangan YouTube pun memiliki format portrait.

3. Tambahkan Nilai

Photo by Atlas Green on Unsplash

Saat membuat video untuk campaign di media sosial kamu, usahakan selalu menambahkan nilai tambah. Namun nilai tidak selalu merupakan momen yang mendidik. Kamu bisa menambahkan nilai berupa tawa, momen refleksi, melihat produk baru atau yang sudah ada. Intinya di sini adalah kamu tidak boleh memposting video yang tidak relevan dengan brand kamu.

“Sebaiknya hindari konten yang tidak sesuai dan tidak relevan dengan brand karena kamu akan dianggap tidak serius.”

Mungkin kamu menyukai video anjing dan menganggapnya lucu lalu mengeposkan ulang video tersebut meski tidak ada hubungannya dengan proposisi brand kamu. Namun tidak hal tersebut buang-buang waktu dan tidak menambah value apapun. Cara lainnya bisa kamu tambahkan nilai momen. Misalnya saat bulan Agustus yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan lalu kamu membuat kampanye merah putih dan sebagainya.

Sama seperti yang dibuat Celebgramme di Bulan Agustus ini. Alat optimasi ini punya promo Merdeka yang memudahkan pelanggan dalam menikmati paket Celebgramme. Tidak hanya itu, untuk pembelian promo Merdeka kamu akan mendapat t-shirt kekinian sesuai dengan promo Merdeka yang sayang untuk dilewatkan. Untuk kamu yang tertarik promo Merdeka dari Celebgramme, langsung saja klik ► https://celebgramme.com/merdeka-2018.

4. Video Live apa adanya

Photo by Trung Thanh on Unsplash

Setiap membuat konten, tentu kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna sesuai dengan harapanmu. Namun sebenarnya ada beberapa kondisi yang memungkinkan jika kamu terasa apa adanya. Misalnya saat kamu memiliki konsep apa adanya. Konsep natural begini terkadang menghilangkan sedikit tekanan dalam membuat video Live untuk para pembuatnya.

“Tidak perlu video dengan konsep sinematik untuk menarik perhatian followers. Bahkan hanya dengan kamera ponsel saja, kamu bisa mendapatkan format yang baik untuk Instagram.”

Banyak selebgram tampil apa adanya atau memang menggunakan konsep alami saat melakukan video Live. Dengan membuat video live untuk media sosial, orang-orang memang tidak mengharapkan video dengan editan yang mumpuni. Bahkan ada seorang pemerhati Instagram mengatakan bahwa video reguler pada feed tidak perlu menjadi mahakarya sinematik. Minimal menggunakan alat rekam pada ponsel. Itu adalah bagian dari daya tarik format saat ini.

Baca Juga: Tips mudah menambah followers di Instagram

5. Gunakan Aplikasi Video Editing

Photo by Connor Limbocker on Unsplash

Meski ada ucapan tidak perlu membuat karya yang sinematik namun jangan lupakan adanya bagian editing. Kamu tidak perlu risau karena sekarang ini tersedia banyak aplikasi pengeditan video yang akan membuat hidup kamu  jauh lebih mudah. Kamu tinggal memilih variasi aplikasi editing di Play Store maupun iOs.

“Aplikasi editing di ponsel ini membantu kamu yang tidak mempunyai banyak waktu editing di PC komputer.”

Ada banyak sekali aplikasi editing video. Diantara semua itu, yang paling banyak digunakan adalah VideoShop. Namun masih ada yang menggunakan iMovie. Semakin sering kamu menggunakan aplikasi tersebut, maka kamu akan semakin andal dalam mengedit. Yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dan jangan pernah terlambat dalam mengunggah konten.

Itulah ke-5 tips sebelum kamu menambahkan video dalam konten berbisnis online di Instagram. Pikirkan secara mendetail apa yang ingin kamu tampilkan ke audiens mengenai campaign terbaru kamu. Jika tidak bisa mengurusinya sendirian, kamu bisa meminta bantuan teman terdekat. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Sekadar mengingatkan karena masih dalam Bulan Agustus yang identik dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Celebgramme memiliki promo Merdeka yang sayang untuk dilewatkan. Pada promo kali ini, kamu berkesempatan mendapatkan t-shirt kece setiap pembelian promo Merdeka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati Celebgramme selama 4 bulan. Mau segera mencoba promo Merdeka, klik ► https://celebgramme.com/merdeka-2018.