7 Keuntungan Profil Bisnis Instagram Tingkatkan Penjualan

Apakah kamu seorang pebisnis?
Sudahkan kamu mengubah akun Instagram ke profil bisnis?

Sejak diluncurkan tahun 2016, profil bisnis pada Instagram menyita perhatian penggunanya. Terlebih mereka yang memang menggunakan media sosial itu untuk berjualan secara online. Terbukti hingga sekarang, 25 juta pengguna tercatat menggunakan profil bisnis Instagram. Banyak manfaat yang bisa dinikmati pebisnis dengan menggunakan profil bisnis pada Instagram karena lebih dari 200 juta pengguna Instagram membuka setidaknya 1 profil bisnis setiap hari. Hal ini tentu memudahkan pebisnis dalam mempromosikan dan menjual produk. Terbukti, 60% orang mengaku menemukan produk baru di Instagram.

Fitur profil bisnis ini bisa membantu kamu dalam mengoptimalkan akun Instagram dan menjangkau customer. Karena itu, ada baiknya kamu yang belum mengubah segera mengaktifkan fitur profil bisnis pada Instagram. Untuk mengoptimalkan penggunaan fitur tersebut, Celebgramme membagikan 7 keuntungan lainnya yang bakal kamu dapatkan jika menggunakan profil bisnis Instagram sekarang juga. Simak ulasan berikut ini.

1. Pahami Insight Toko Online

(Photo by Erik Lucatero on Unsplash)

Sayang sekali kalau punya akun Instagram yang ramai, tapi tidak bisa membaca Insight. Hmm masalah ini akan selesai saat kamu mengubah profil pribadi menjadi bisnis. Untuk mengakses Insight secara gratis, klik ikon ‘Statistik’ yang terletak di kanan atas akun Instagram kamu. Lantas, apa saja yang dapat dibaca di Insight?

“Ada cukup banyak, mulai dari statistik jumlah follower dan kiriman, sampai jumlah tayangan, jangkauan, impresi profil, jumlah klik situs, klik telepon dan klik email.”

Untuk follower, kamu juga bisa melihat berdasarkan gender, range usia dan wilayah. Kamu juga bisa melihat postingan terpopuler dan jam postingan paling banyak diakses pengguna. Dengan data Insight ini, tentu saja kamu akan lebih mantap untuk mengoptimalkan akun Instagram  dan menentukan strategi selanjutnya, bukan?

2. Analisa Target Market

(Photo by Jomjakkapat Parrueng on Unsplash)

Dengan membaca Insight, kamu kini bisa mengenali data follower. Dari data ini, kamu akan bisa mengalisa apakah target market sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, kamu bisa memanfaatkannya dengan manajemen konten yang lebih optimal. Tapi jika belum sesuai, kamu bisa mencoba strategi lainnya seperti Instagram Ads atau Paid Endorse.

“Instagram Ads yang menarik lebih mudah membuat pengguna yang sedang visit ke online shop kamu meninggalkan komentar, like dan mem-follow postingan kamu.”

Instagram Ads menyediakan berbagai format iklan seperti video, gambar dan kumpulan gambar dalam 1 kali posting. Beragam jenis iklan pada Instagram membuat pengguna yang sedang visit ke online shop kamu lebih tertarik untuk komentar, memberikan like atau bahkan mem-follow akun kamu. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pertumbuhan interaksi antara akun atau brand dengan target market kamu.

3. Event Off Air

(Photo by Geert Pieters on Unsplash)

Dari insight market pula, kamu mengetahui domisili terbanyak dari followers. Hal ini membantu jika kamu ingin mengadakan event off air. Untuk penentuan lokasi kamu dapat melakukannya di kota domisili followers maupun di kota-kota besar.

“Manfaat instagram bisnis yang satu ini membantu kamu untuk menghindari kesalahan dalam menentukan target market.”

Untuk kamu yang tertarik belajar lebih tentang Instagram dan bagaimana mengoperasikannya agar penjualan bisnis online kamu meningkat, bergabunglah di seminar “Online Sales Explosion with Social Media Marketing”. Dengan mengikuti seminar itu, kamu akan mendapatkan insight-insight mengenai bagaimana meningkatkan penjualan bisnis online didukung berbagai media sosial yang saat ini populer digunakan pengguna internet. Tertarik mengikuti seminar? Segera mendaftar di sini ►  “Online Sales Explosion with Social Media Marketing”.

4. Informasi Kategori Instagram Bisnis

(Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Informasi kategori bisnis akan muncul untuk akun Instagram yang sudah berubah dari profil pribadi menjadi bisnis. Kategori ini akan sama persis dengan kategori yang telah diatur sebelumnya di fanpage terhubung. Jadi jika di fanpage kategorinya adalah Community maka di Instagram adalah Community. Sama juga ketika kamu memasang profil bisnis di fanpage adalah shopping and retail maka di Instagram pun akan sama.

Selain itu pastikan akun media sosial kamu terhubung satu sama lain. Mulai dari Instagram bisnis, Facebook, Twitter, line@, YouTube, dan sebagainya. Ketika salah satu akun memposting sesuatu, jangan lupa share ke akun media sosial ainnya. Hal ini  juga memudahkan jangkauan Anda dalam berbisnis.

5. Tahu Waktu Terbaik untuk Posting

(Photo by Tristan Gassert on Unsplash)

Ketika mendapatkan insight, kamu kini dapat menentukan waktu terbaik untuk posting. Bagaimana caranya? Dengan melihat data statistik jam dan hari dimana postingan kamu paling banyak mendapatkan banyak respon. Jadi, kamu kini tidak lagi menebak- nebak apakah postingan kamu hanya efektif di prime time atau justru di jam- jam yang tak terduga.

Biasanya waktu terbaik menggunggah konten adalah ketika jam makan siang, jam pulang kerja dan di tengah malam. Untuk waktu tengah malam, kadang ditanyakan apakah worth it namun beberapa digital marketing percaya ada beberapa substansi atau orang-orang yang aktif bekerja pada waktu tersebut. Jadi mengupload konten juga bisa ketika jam orang-orang beristirahat.

6. Calon Pembeli Bisa Menghubungi Anda dengan Mudah

(Photo by bruce mars on Unsplash)

Saat menjadi profil bisnis, ada tiga tab kontak yang memperpendek jarak kamu dengan calon pembeli, yaitu tab Telepon, Email dan Petunjuk Arah. Dengan tiga tab kontak ini, calon pembeli dapat menghubungi kamu dengan lebih mudah. Dari sisi penjual, kamu dapat meminimalkan kemungkinan lost order.

Yang tidak kalah penting adalah media sosial. Beberapa waktu belakangan Twitter membantu para costumer service dalam melayani keluhan sebuah brand.

Sisi sederhana yang dimiliki Twitter memudahkan pengguna atau klien yang kecewa barangnya tidak sesuai gambar, sinyal provider yang buruk sampai kritik mati lampu yang ditujukan pada perusahaan listrik menyampaikan pendapatnya. CS pun segera menjawab keluhan dan kritik. Bila simbiosis ini terjalin baik maka engagement kamu pun akan baik pula.

7. Membalas Komentar dengan Mudah via Fanpage

(Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash)

Saat mengubah akun Instagram kamu menjadi bisnis, kamu diminta untuk menghubungkan dengan fanpage. Di saat fanpage dan Instagram sudah terhubung, kamu dapat melihat notifikasi komentar di fanpage, sekaligus membalas pesan yang masuk via fanpage tersebut. Komunikasi yang terintegrasi itu bisa membantu kamu dalam menghandle konsumen. Kamu tidak akan kehilangan kontak mereka dan konsumen pun mudah menemukan produk kamu.

Demikianlah 7 manfaat baik yang bisa kamu rasakan bila menggunakan fitur profil bisnis pad Instagram. Cara ini sangat baik untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Untuk kamu yang tertarik belajar lebih tentang Instagram dan bagaimana mengoperasikannya agar penjualan bisnis online kamu meningkat, bergabunglah di seminar “Online Sales Explosion with Social Media Marketing”. Dengan mengikuti seminar itu, kamu akan mendapatkan ilmu mengenai bagaimana meningkatkan penjualan bisnis online didukung berbagai media sosial yang saat ini populer digunakan pengguna internet. Tertarik mengikuti seminar? Segera mendaftar di sini ►  “Online Sales Explosion with Social Media Marketing”.