7 Tahap Jualan Online dengan Instagram Bisnis

Di Indonesia, Instagram memang bukan aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan. Instagram menduduki peringkat ke-4 sebagai aplikasi paling sering digunakan setelah YouTube, Facebook dan WhatsApp. Namun jangan sepelekan keefektifan Instagram. Media sosial yang awalnya dikembangkan Kevin Systrom dan Mike Kreiger ini dianggap mampu mempromosikan produk dan jasa. Terlebih jika pasar yang disasar adalah anak muda berkisar usia 18-29 tahun.

Karena menyasar usia muda, platform ini ampuh untuk kamu dalam mengasah kreatifitas maupun keinginan memamerkan skill di bidang visual berupa video maupun foto. Karena menyasar usia muda pula, kamu harus berlaku efisien agar mereka mudah menemukan kamu.

Instagram kini bisa membantu kamu dalam berbisnis dengan adanya fitur yang berbeda bila menggunakan Instagram Bisnis. Lalu bagaimana cara agar kamu bisa berlaku efisien dengan bantuan Instagram Bisnis? Celebgramme membagikan tahap-tahap yang bisa memaksimalkan Instagram Bisnis kamu. Simak artikel berikut.

Tahap 1: Paham Audiens

Photo by Headway on Unsplash

Menetapkan target audiens adalah dasar dari strategi digital apa pun. Jika kamu tahu dengan siapa berbicara, kamu juga bisa tahu apa yang harus dibicarakan. Tentu saja, kamu tidak boleh membicarakan apa pun dan segalanya. Berbicaralah sesuai dengan minat mereka. Misalnya, jika kamu berada di bidang medis, berbicara tentang layanan medis di Instagram mungkin tidak seefektif menampilkan gambar atau video menarik dari laboratorium dan peralatan canggih kamu.

“Langkah pertama ini untuk mengetahui siapa yang kamu ajak bicara dan apa yang penting dari akun di Instagrammu sehingga audiens harus menjadi followermu.”

Pastikan konten kamu dikaitkan dengan brand awarness pada produk yang kamu jual atau bisa pada online shop kamu. Jika klien kamu berbisnis karena kamu menggunakan teknologi top, mereka mengharapkan konten yang berbeda jika mereka berbisnis denganmu karena layanan pribadimu.

Tahap 2: Gunakan Hashtag

Image by GraphicsSC on Pixabay

Jangan mencemari hashtag yang tidak berguna pada online shop-mu. Kamu menginginkan follower dan penayangan berkualitas. Luangkan waktu untuk mencari hashtag berbeda yang menghasilkan engagement berkualitas. Hashtag yang baik akan membawa visibilitas ke orang yang tepat dengan maksud yang benar terhadap brand kamu.

“Dengan menggunakan hashtag yang tepat akan membantu kamu menciptakan efek dan visibilitas di market yang tepat. “

Setiap hashtag harus ditujukan untuk pasar tertentu. Jika kamu mencari hashtag #makeup, kamu akan fokus melihat follower wanita (meski ada pula pria yang tertarik dengan kosmetik). Jika kamu memiliki produk atau layanan yang ditujukan untuk demografi khusus, kamu dapat membuat konten out-of-the-box yang masih dalam konteks hashtag. Ini akan membantu kamu menciptakan dampak dan visibilitas di pasar yang tepat. Gunakan hashtag dengan bijak dan kreatif.

Tahap 3: Gunakan Alat Optimasi

Photo by rawpixel on Unsplash

Apakah kamu baru saja memulai bisnis online di Instagram atau jumlah pengikut kamu stagnan? Kamu membutuhkan cara lain agar followers kamu bertambah dan konten semakin banyak mendapatkan likes. Kamu bisa mencoba menggunakan alat optimasi Instagram. Sebelumnya cek beberapa alat optimasi agar kamu tidak terjebak ketika menggunakan alat tersebut.

“Pilihlah alat optimasi yang baik. Ciri khas adalah fitur-fitur yang bisa meringankan operasional bukan yang malah membingungkan pemakai.”

Salah satu alat optimasi yang bisa kamu percaya dalam mendatangkan banyak followers secara organik adalah Celebgramme. Alat optimasi ini terbukti sukses membantu ribuan online shop. Celebgramme juga banyak meringankan beban kerjaan para social media specialist. Kebetulan Celebgramme bulan ini mengeluarkan seri terbaru dengan fitur-fitur yang lebih otomatis dalam mengoptimalkan kinerja Instagram. Tertarik menggunakan Celebgramme? Klik ► link Celebgramme V5 ini.

Tahap 4: Optimalkan Profil

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Mulai berpikir tentang profil Instagram kamu. Pastikan kamu memiliki citra yang sesuai dengan konten yang akan diposting pada bagian profil Instagram. Profil juga merupakan wadah yang baik untuk menyajikan tagar unik hanya untuk brand-mu saja. Profil adalah salah satu tempat untuk menjelaskan secara detail brand kamu yang sebenarnya dan apa yang orang lain harapkan dari akun Instagrammu.

“Profil akun Instagram Bisnis sebaiknya berisikan informasi mengenai produk kamu secara detail seperti penjelasan lengkap, hashtag dan bagaimana cara mendapatkannya.”

Maksimalkan profil kamu dengan menambahkan link ke laman lainnya. Misalnya kamu memiliki channel video di YouTube ataupun cara mudah menghubungi online shop kamu di WhatsApp, email atau Telegram.

Tahap 5: Menjadi Bagian dari Komunitas

Photo by rawpixel on Unsplash

Memiliki audiens yang tanggap dengan brand kamu memang menyenangkan namun hal ini tidak mudah. Kamu mesti membangunnya dari pondasi awal sehingga ini menuntut waktu dan komitmen. Agar dapat dilakkan secara konsisten, buatlah jadwal yang berisi strategi membantu engagement dengan audiens.

“Sesuai dengan cara kerja media sosial, kamu perlu berjejaring dengan followers. Kamu bisa mengikuti diskusi di kolom komentar.”

Ingat pada hashtag yang dipilih di setiap postingan? Jangan hanya mempublikasikan saja, tapi kamu juga bisa mencari konten yang sesuai dari hashtag tersebut. Dengan begitu, kamu mudah mengetahui konten mana yang dapat kamu likes dan komentari. Ini merupakan usaha untuk merangkul audiens.

Tahap 6: Selalu Kreatif

Photo by bruce mars on Unsplash

Ini adalah langkah sederhana untuk dipahami, tetapi terkadang sulit dilakukan. Ketika kamu memproduksi konten visual untuk Instagram, kamu harus membuat “rasa” grafis yang akan mewakili brand-mu. Kamu ingin memastikan bahwa setiap kali seseorang melihat kontenmu, mereka dapat langsung mengenali bahwa konten tersebut buatanmu.

“Jika kamu ingin selalu diingat pelanggan, mereka harus tahu siapa kamu. Cara terbaik adalah konsisten dengan kontenmu.”

Selain cocok dengan brand, membuat konten yang bisa dikenali seperti itu membutuhkan waktu. Setiap kali kamu membuat konten, kamu perlu memberikan ciri khas. Entah dalam pemilihan warna, gestur gambar yang dibuat, tulisan kamu atau pada bahas ayang dipakai.

Tahap 7: Ukur dan analisa

Photo by rawpixel on Unsplash

Jika kamu menghabiskan waktu untuk membuat konten, mempublish secara online namun tidak menganalisanya, kamu telah menghabiskan uang daripada menginvestasikannya. Instagram Bisnis menawarkan insight tentang postingan mana yang berhasil dan apa yang tidak. Lihatlah angka-angkanya dan lihat pula postingan mana yang mendatangkan pengikut, engagement, dan visibilitas.

“Dengan mengubah akun Instagram menjadi Bisnis, kamu bisa menganalisa postingan mana yang mendatangkan followers, mendapat banyak likes hingga mana yang paling tidak disukai follower dari insight.”

Lalu langkah selanjutnya adalah berdasarkan tujuan bisnis kamu, ulangi dan optimalkan rahasia postingan tersebut. Jika kamu terus melakukan sesuatu yang tidak berhasil, jangan terkejut jika jumlah follower kamu tidak bertambah.

Demikianlah tips mengoptimalkan Instagram Bisnis agar efektif mengembangkan bisnis online kamu. Ingat, Instagram adalah saluran yang bagus untuk digunakan jika dilakukan dengan benar. Ini akan membantu produk maupun online shop kamu dilihat oleh market. Gunakan Instagram Bisnis dengan bijak dan ikuti langkah-langkah di atas dan kamu akan mendapatkan hasil secara jangka panjang.

Khusus untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, bisa memanfaatkan tools Celebgramme untuk meningkatkan popularitas akun IG tanpa perlu repot, tinggal Klik-klik dan Start. Proses akan otomatis berjalan 24 jam Nonstop, langsung cek websitenya di ► https://celebgramme.com/