7 Tips Naikkan Followers Instagram Saat Puasa

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari lho.

Mungkin di bulan Ramadan ini, kamu memiliki jadwal yang sedikit sibuk karena kerjaan di kantor ataupun tugas di kampus. Belum lagi kamu juga perlu menyiapkan diri agar tetap fit selama bulan puasa. Karena itu, urusan mengatur followers bisa jadi tidak terurus. Sedangkan, engagement di Instagram tetap harus dijaga agar followers bisa bertambah setiap harinya.

Jangan sampai membiarkan Instagram terlalu lama ya. Tidak ingin ditinggalkan followers karena jarang posting konten, kan? Atau karena followers masih sedikit jadi dianggap online shop belum terjamin?

Apa saja rencanamu agar followers Instagram tetap bertambah setiap waktu di bulan Ramadan?

Jika belum ada, Celebgramme akan membagikan tips agar akun Instagram kamu maupun online shop kamu tetap bisa mendapat banyak follower di bulan puasa. Tips ini akan mempermudah kamu meningkatkan followers sehingga tidak harus setiap waktu berkutat di Instagram. Cek ulasan di bawah ini.

1. Unggah Konten, Judul & Caption Unik

(Photo by Jakob Owens on Unsplash)

Pernah dengar istilah “content is king“? Ya, di dunia internet, konten yang unik, berbeda dari yang lain merupakan salah satu cara tercepat dan terbaik untuk mendapatkan follower. Misalnya, kalau kamu ingin unggah foto pemandangan, pastikan untuk mengambilnya dari sudut pandang berbeda dengan yang biasa dipotret orang lain. Lihat saja foto yang diunggah selebgram di akun mereka, pasti terlihat unik dan mengantongi banyak tanda Likes bukan?

Yang tidak boleh disepelekan juga di Instagram, judul sama pentingnya dengan konten yang kamu post. Salah satu cara terbaik bagi pemasar untuk lebih terlibat dengan pengguna adalah dengan menceritakan sebuah cerita melalui konten.

“Jangan pernah memposting gambar atau video tanpa memberi konteks kepada followers melalui deskripsi sebuah pos.”

Pengguna tidak akan diberi insentif untuk meluangkan lebih banyak waktu di profil kamu atau terlibat dengan kamu dalam komentar. Namun dengan menulis caption mendetail, kamu dapat memicu percakapan, berbagi ide baru, atau mengembangkan koneksi dengan followers. Selain itu, pengguna akan membagikannya kepada teman mereka yang menurut mereka tertarik pada konten yang juga akan terlibat dengan kamu. Menceritakan sebuah cerita melalui posting adalah cara yang bagus untuk menarik followers baru dan mengembangkan koneksi dengan pengguna.

2. Jadwalkan Postingan

(Photo by Mitchell Hollander on Unsplash)

Mengunggah konten dalam waktu terjadwal ternyata juga bisa membuat follower Instagram kamu bertambah. Misalnya dalam sehari kamu perlu mengunggah satu foto yang unik dan berbeda, tentu kemungkinan kamu mendapat follower baru pun bertambah. Perlu diingat, kamu tidak perlu mengunggah banyak foto atau video karena ini akan membuat kamu terkesan “nyampah” di timeline Instagram follower kamu. Alih-alih menambah follower, yang ada kamu akan di-unfollow dan follower berkurang.

“Waktu mengunggah konten saat Ramadan yang direkomendasikan adalah saat sebelum maupun sesudah buka dan sahur.”

Di bulan Ramadan, kamu perlu menyesuaikan waktu postingan dengan jadwal sahur dan buka. Rentang waktu pukul 03.00 s/d pukul 05.00 atau sampai waktu adzan shubuh adalah waktu banyak sekali orang-orang aktif di media sosial. Mereka aktif saat sebelum makan sahur dan sesudahnya sambil menunggu adzan shubuh. Selain itu, waktu berbuka puasa sekitar pukul 15.00 hingga berbuka adalah saat-saat yang paling ditunggu bagi mereka yang berpuasa. Setelah mempersiapkan menu berbuka, kebanyakan mereka memilih untuk memegang gadget mereka dan membuka Instagram sambil menanti waktu adzan maghrib berkumandang.

3. Memanfaatkan Alat Otomasi Secara Organik

(Photo by Mitchell Hollander on Unsplash)

Karena tidak punya waktu, maka kamu membutuhkan bantuan orang lain ataupun alat yang bisa menangani urusan followers di Instagram. Cara mudah untuk mendapatkan followers yang lebih besar di Instagram tanpa banyak usaha adalah menggunakan alat otomasi Instagram. Dengan menggunakan otomasi Instagram, kamu akan mendapatkan kemudahan meliputi mengikuti hashtag terkini, menentukan target follower hingga berkomentar di DM.

“Dengan menggunakan otomasi Instagram, kamu akan dimudahkan dalam meningkatkan followers di akun maupun online shop kamu.”

Salah satu alat yang bisa membantu meningkatkan followers adalah Celebgramme. Alat otomasi ini mengoptimalkan aktivitas di Instagramdan meningkatkan followers kamu secara organik. Untuk informasi lengkap, klik https://celebgramme.com.

4. Tambahkan Hashtag Setiap Posting

(Photo by Mitchell Hollander on Unsplash)

Hashtag atau tagar (tanda pagar) merupakan hal penting untuk ditambahkan di sebuah posting-an Instagram jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak follower.

“Kini banyak orang mencari sesuatu menggunakan sebuah hashtag atau tagar untuk mempermudah pencariannya.”

Nah, untuk membuat tagar di Instagram banyak dicari, kamu bisa melakukan riset tentang tagar yang sedang populer dan menambahkannya ke foto atau video yang ingin kamu unggah. Kalau kamu belum tahu tagar apa yang ingin kamu pakai, kamu bisa mencari tagar populer lain dan menuliskannya di caption foto kamu.

5. Promosikan Produk ke Medsos Lain

(Photo by Hans Vivek on Unsplash)

Cara yang jelas untuk mengarahkan lalu lintas ke profil Instagram adalah mempromosikan produk kamu di platform lain seperti Facebook, Twitter, YouTube dan Snapchat. Banyak orang sekarang menggunakan media sosial ini untuk menggantikan aktivitas menghabiskan waktu membaca. Karena itu, kebiasaan ini menyajikan kesempatan besar untuk mendapatkan eksposur kepada calon pelanggan.

“Cara penting agar konten kamu bisa dinikmati banyak orang adalah menguploadnya ke berbagai macam media sosial.”

Poskan di platform media sosial lainnya dan dorong pengguna untuk memeriksa profil Instagram kamu. Bahkan kamu dapat menawarkan promosi dan diskon untuk pengguna yang mengikuti akun Instagram dan terlibat dengan konten kamu.

6. Gunakan Stories

(Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash)

Saat ini fitur stories dari Instagram adalah salah satu trik yang sangat efektif untuk menarik pelanggan. Salah satu manfaatnya membantu kamu lebih kreatif dalam membuat konten sehingga followers betah berada di akun Instagram kamu. Semakin kreatif, maka semakin konten kamu ditunggu follower. Tidak jarang juga ada yang me-repost konten kamu.

“Kini hampir 80% pengguna Instagram melihat setiap Insta Stories yang ditampilkan.”

Fitur ini telah menjadi sesuatu yang sangat ampuh untuk media promosi. Jangan lupakan untuk memanfaatkannya karena Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang didapatkan. Dalam hal ini, kamu juga dapat beriklan bayar dengan menampilkan insta story kamu di luar cakupan followers yang dimiliki.

7. Interaksi dengan Selebgram/ Orang Berpengaruh

(Photo by bruce mars on Unsplash)

Cara yang bagus untuk membuat pengguna terlibat dengan produk kamu adalah berinteraksi dengan selebgram. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis menjual aksesori muslimah, carilah selebgram yang populer dengan bidang yang sama. Ini cara yang cukup ampuh mempromosikan akun Instagram kamu.

“Cara yang bagus untuk membuat pengguna terlibat dengan produk kamu adalah berinteraksi dengan selebgram”

Selain itu kamu bisa sengaja berinteraksi dengan pengguna followers lainnya. Misalnya kamu sengaja menaruh komentar yang menarik di salah satu akun selebgram muslimah atau koki yang memiliki konten memasak untuk berbuka atau sahur. Di antara follower lain yang penasaran akan masuk ke akun kamu dan terlibat dengan konten kamu.

Itulah ke-7 tips jitu yang bisa kamu aplikasikan ke akun Instagram di bulan Ramadan. Jangan lengah lalu malas mengurusi Instagram kamu ya. Semoga artikel bermanfaat. Selamat mencoba.

Khusus untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, bisa memanfaatkan tools Celebgramme untuk meningkatkan popularitas akun IG tanpa perlu repot, tinggal Klik-klik dan Start. Proses akan otomatis berjalan 24 jam Nonstop, langsung cek websitenya di ► https://celebgramme.com/