Award Winner Markplus Gebyar UKM BCA 

Michael Sugiharto, founder Celebgramme.com

          Siapa yang tidak kenal Instagram ? Michael Sugiharto dengan produk digital startup-nya Virtual assistant Celebgramme.com telah berhasil membantu mendongkrak followers & omzet dari ribuan UKM online yang menjadi kliennya.

          Michael bercerita, produk startupnya baru resmi diperkenalkan pada Maret 2016 lalu. Namun animo masyarakat Indonesia yang luar biasa ditengah era digital ini, mampu menjaring lebih dari 2.000 user di seluruh Indonesia yang mempercayakan pada jasanya. Jumlah user itu pun terus bertambah setiap bulannya. "Sementara masih user lokal dan belum menyentuh luar negeri. Sekitar 2000 pengguna itu selalu kami maintenance setiap saat dan kami siap bantu lewat customer service online atau chat", ucap alumnus Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti Jakarta itu.

"Banyak pengguna Celebgramme.com dalam sehari followers Instagramnya bisa bertambah 30-100 followers, itu sudah merupakan hal yang wajar,"

Michael Sugiharto saat menerima penghargaan

Michael mengungkapkan, awalnya dirinya tidak sengaja berkecimpung di dunia startup hingga menciptakan produk usaha yang dikembangkannya saat itu. Berawal saat istrinya yang ingin mempromosikan produk kulinernya via Instagram (IG). Michael membantu mengunggah foto-foto dan iklan di IG. Dia merasa penasaran, Lantaran follower ataupun viewers di akun IG yang ia buat tak kunjung bertambah, omzet kuliner istrinya jadi tidak meningkat. Tak kehabisan akal, Michael pun memutar otak mengelola akun IG tersebut. Secara tak sengaja ia menemukan tool provider asal Amerika Serikat yang bisa membantu mendongkrak follower IG dengan cepat. Sampai disitu, Istrinya masih 'rewel' dan meminta Michael untuk kembali mengutak-atik akun IG istrinya karena instruksi online berbahsa inggris yang tak dipahami dengan gamblang oleh istrinya. "Dari situ saya pikir kenapa gak bikin aja tool sendiri. Kalau dari provider asing kadang-kadang instruksinya tak banyak dipahami orang awam," ujar pria kelahiran Jakarta itu. Berbekal skill pemograman jaringan yang pernah dipelajarinya selama kursus diluar kuliah, Dia menjajal membuat sendiri tool aplikasi tersebut. Michael juga menggandeng partner teman programmer lainnya, dan hasilnya, aplikasi Celebgramme.com sukses dibentuk.

          Inti dari manfaat aplikasi buatan Michael Sugiharto ini adalah meningkatkan engagements akun IG users dengan target customers yang dicari, dan secara tidak langsung juga menambah jumlah followers. Cara kerjanya adalah melakukan interaksi melalui follow, like atau comment yang disimulasi secara natural dengan pemilik IG lainnya secara otomatis selama 24 jam. Ibaratnya seperti “Virtual assistant” yang membantu menyebarkan Kartu Nama Anda secara Otomatis ke Target #hashtags atau @usernames yang anda bidik sehingga akun IG menjadi lebih dikenal. “Banyak pengguna Celebgramme.com dalam sehari follower Instagramnya bisa bertambah 30-100 followers, itu sudah merupakan hal yang wajar," papar Michael. Selanjutnya, Michael menambahkan media sosial IG sendiri saat ini sudah banyak membantu pelaku bisnis Online Shop meraup omzet besar dari Jutaan bahkan sampai Ratusan Juta perbulannya. Tidak hanya melalui tool canggih saja, Michael & teamnya juga membantu mengadakan pelatihan bagi para pebisnis untuk terjun di dunia bisnis Online Shop Instagram lewat organisasinya Digimaru - Digital Marketing Campus. Digimaru sudah meluluskan ratusan Alumni dan mengadakan workshop training di Jakarta & Surabaya secara berkala. Bagi yang tertarik dengan Workshop Instagram bisa lihat info lengkapnya di http://digimaru.org