Makin Ngehits dengan Facebook Stories (Part 1)

Facebook luncurkan fitur Stories dengan berbagai filter interaktif persis Instagram!

Facebook sepertinya tidak mau kalah pamor dengan Instagram, terbukti dengan diluncurkannya Facebook Stories yang mirip dengan Instagram Stories. Seperti yang kita ketahui, Instagram Stories merupakan fitur yang saat ini sedang populer. Hampir setiap pemilik akun Instagram eksis di Fitur Instagram tersebut. Dari yang hanya ingin terkenal di Instagram, share foto moment tertentu sampai dengan foto promo barang dagangan mereka.

Begitu juga di Facebook Stories ini, cara kerjanya hampir sama dengan Instagram Stories, pengguna bisa membagikan foto dan video pendek yang akan hilang dalam 24 jam. Stories bar berada di atas newsfeed dan muncul dalam format slideshow ketika ditekan. Ada beberapa cara untuk membuat Stories, yakni dengan ikon ‘Your Story’, ikon kamera di pojok kiri atas atau menggeser newsfeed ke kanan di aplikasi iOS & Android (foto kiri).

User dapat mengirimkan Stories-nya ke 1 atau lebih teman dan membalas Stories user lain secara privat melalui fitur Direct (foto kanan). Chats dalam Direct otomatis hilang jika tidak segera dibuka. Stories juga dapat disimpan ke smartphone atau di-post ke newsfeed supaya tidak hilang.

Sekilas Facebook Stories tidak ada bedanya dengan Instagram Stories. Yang beda adalah jenis filter yang disediakan. Jika Instagram Stories hanya memiliki filter warna (foto kiri), Facebook menggunakan Augmented Reality untuk menciptakan efek yang interaktif & real-time (foto kanan). Sangat mirip dengan Snapchat!

Contoh Filter di Instagram Stories

Contoh Filter di Facebook Stories

Ada 3 macam efek dalam Facebook Stories.
Pertama, mask dengan ikon topeng. Efek mask menempel di badan pengguna dan animated sesuai gerakan kepala atau mulut. Beberapa mask berasal dari franchise film terkenal seperti Despicable Me, Smurf, Alien, Guardian of The Galaxy, dan lain-lain.

Efek kedua yaitu filter yang memberi efek distorsi warna atau bentuk pada foto atau video. Filter ini membuat foto Anda terlihat lebih unik dan berseni. Sementara ini ada 6 Jenis filter yang tersedia bagi pengguna di Indonesia.

Jenis ketiga, frame yang melekat di sekeliling foto atau video Anda. Beberapa frame memiliki efek animated dan ada yang tidak. Cukup banyak pilihan frame yang tersedia, mulai dari efek yang berbentuk tulisan hingga gambar yang fun.

Dengan adanya fitur terbaru ini, pengguna Facebook bisa mencoba cara lain untuk bersosialisasi. Bahkan tidak hanya cara bersosialisasi saja yang berubah, bisa jadi perubahan juga akan terjadi pada cara promosi pelaku bisnis online yang mempunyai lapak di Facebook. Tidak bisa dipungkiri, bisnis online memang sangat bergantung dari cara promosinya. Anda juga bisa belajar menggunakan Instagram untuk meningkatkan bisnis Online anda disini.

Pemilik Online shop di Instagram juga demikian, harus sering berinteraksi dengan customer atau calon customer untuk bisa mendapatkan orderan. Tapi anda tidak perlu bingung lagi, karena di Celebgramme.com anda akan dibocorkan rahasia untuk meningkatkan interaksi ke customer atau calon customer yang nantinya bisa menambah omzet jualan anda.

Baca Part 2 disini>>