DIY Studio Foto Modal 100 Ribu (Part 2)

Dengan modal hemat dan recycle barang di rumah, Anda bisa buat studio foto sendiri!

Siapa yang tidak ingin fotonya kelihatan menarik bagi pembeli? Kita semua tahu bahwa foto adalah nyawa online shop di Instagram. Mungkin banyak yang berpikir bahwa diperlukan modal besar untuk menghasilkan foto yang keren. Lalu bagaimana dengan kita yang memiliki modal pas-pasan?

Tenang saja, kami bagikan beberapa photography hack yang bisa memotong anggaran beli dan sewa perlengkapan studio. Bahkan Anda bisa melakukan beberapa hack ini dengan gratis!​

4. DIY Photobox

Jika produk olshop Anda tidak berukuran besar, mungkin photo box bisa dipakai untuk foto produk Anda. Dengan photo box kita bisa memasang background yang diinginkan sekaligus menata pencahayaannya dalam skala kecil. Photo box biasa digunakan supaya foto produk lebih konsisten dan terlihat profesional. Selain membelinya secara online, ternyata Anda bisa membuat photo box sendiri dengan kardus atau plastic container.

Pilih kotak kardus dengan ukuran yang agak besar, minimal sebesar kardus mie instan. Potong pada 3 sisinya, tutup dengan kertas roti (atau kertas tipis lain) agar cahaya bisa masuk. Beri lighting berupa lampu warna putih di kiri, kanan, dan atas seperti gambar di atas. Jika memakai plastic container, pastikan warnanya transparan dan polos supaya tidak mengubah cahaya Anda. Kertas roti berperan sebagai diffuser sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu kuat. Beri background yang Anda inginkan dengan teknik endless background pada artikel sebelumnya.

5. Natural Lighting

Ambil foto sekitar pukul 7-9 pagi di ruangan yang memiliki jendela besar supaya cahaya matahari bisa masuk. Matahari pagi adalah lighting yang baik karena cahaya terdistribusikan secara merata sehingga foto terlihat natural. Di siang hari, sinar matahari biasanya terlalu kuat dan memunculkan hard shadow yang ingin Anda hindari.

Anda tetap harus hati-hati karena cahaya matahari tidak konsisten seperti lampu karena faktor cuaca. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Misalnya menempelkan kertas roti di jendela sebagai diffuser supaya cahaya yang terlalu intens menjadi lebih soft. Atau menggunakan reflector untuk memantulkan cahaya sehingga tidak terlihat hanya datang dari 1 arah saja. Reflector akan dibahas ada poin selanjutnya.

6. DIY Reflector

Seperti namanya, reflector berguna untuk memantulkan cahaya. Mengapa ini penting? Jika sumber cahaya berasal dari 1 arah saja, maka akan muncul bayangan di sisi yang berlawanan. Untuk meminimalisir bayangan ini, reflector perlu diletakkan dari sudut yang berlawanan dengan arah datangnya cahaya. Coba lihat perbedaan kedua gambar berikut. Gambar kiri tanpa reflector, sedangkan gambar kanan menggunakan reflector yang diletakkan di sisi kiri objek untuk mengurangi bayangan.

Reflector biasa dijual di toko kamera seharga 150-400ribu Rupiah. Tapi kita bisa memanfaatkan benda di rumah sebagai reflector. Untuk reflector perak, Anda bisa memakai pelindung matahari mobil (car sun shade) yang memiliki sisi mengilap. Atau bisa juga dibuat dengan membungkus kardus dengan aluminium foil. Bahkan styrofoam board / gabus dapat digunakan sebagai reflector putih. Anda bisa menghemat ratusan ribu dengan ini!

Dengan beberapa photography hack ini, Anda bisa menghemat biaya hingga ratusan ribu rupiah sambil memanfaatkan barang-barang di rumah!
Terus asah kemampuan fotografi, perbanyak referensi, dan bereksperimen dengan teknik baru supaya foto Anda semakin baik.
By the way ada cara proven yang lebih mudah meningkatkan followers anda di Instagram, mau tahu ? KLIK ► disini 

Comments are closed