Sempurnakan Foto Produk dengan Background Favorit ini (Part 1)

Background yang pas akan membuat foto Anda terlihat fokus dan nyaman dipandang

Tahukah Anda bahwa background / latar belakang sama pentingnya dengan objek foto? Background sangat menentukan kualitas gambar serta memberikan efek psikologis tertentu bagi customer. Memilih latar yang tepat bagi produk Anda adalah salah satu kunci keberhasilan online shop di Instagram! Cermati baik-baik berbagai jenis background ini dan pilih yang sesuai dengan karakter produk Anda.

1. Background putih / abu-abu / hitam polos

Ketiga warna ini paling laris digunakan dalam fotografi produk karena memunculkan kontras dan membuat audiens fokus pada produk Anda. Warna-warna ini sangat netral dan cocok untuk hampir semua jenis produk.

Warna putih menimbulkan kesan simple, bersih, sehat, dan profesional sehingga banyak dipakai untuk produk kecantikan & kesehatan ataupun produk dengan banyak detail dan warna seperti perhiasan dan katalog baju.

Warna abu-abu menciptakan nuansa lebih kasual dan modern tanpa memberi kontras setajam putih. Banyak dipakai untuk produk elektronik dan fashion yang ‘kekinian’.

Background hitam dapat memunculkan kesan mewah, eksklusif, maskulin, dan dewasa sehingga sering terlihat untuk luxury items seperti parfum, jam tangan, perhiasan. Warna ini juga baik untuk produk yang mengandung unsur logam atau kaca karena tidak memantulkan cahaya berlebihan.

2. Background warna cerah polos

Warna pastel seperti pink atau baby blue identik dengan youth / masa muda, bisa dipakai mulai untuk produk bayi hingga dewasa. Sedangkan warna cerah yang ngejreng cocok bagi anak-anak dan remaja yang fun & exciting. Warna cerah bisa dipadukan dengan aneka produk makanan, fashion, dan sebagainya.

Biasanya warna terang disandingkan dengan packaging yang berwarna-warni supaya tidak kalah dengan latar-nya. Pilih warna yang cukup kontras dengan produk Anda, namun jangan sampai akhirnya mengalihkan perhatian customer ke background. Warna terang dapat membuat Anda terlihat unik, tapi pastikan Anda mengenal karakter customer Anda sebelum memakai warna-warna berani ini.

Background memang bisa mempengaruhi tampilan sebuah foto, pastikan anda memilih background yang sesuai dengan produk anda. Masih ada background favorit lain yang belum dibahas, artikel lanjutannya bisa dibaca disini.

Comments are closed