5 Tips Branding Jutaan Dollar ala Brand Terkenal (Part 1)

Rombak Instagram Anda sekeren CocaCola & Starbucks tanpa harus mahal

Kita sering dibuat kagum oleh teknik branding yang begitu apik dari brand terkenal. Semua materi yang dimunculkan begitu menarik, konsisten, dan eksklusif. Mereka menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk membuat brand-nya dikenal dan disukai banyak orang di seluruh dunia.

Sayangnya kita mungkin tidak memiliki dana sebanyak itu hanya untuk branding. Tenang saja, ada beberapa teknik branding yang bisa ditiru dari top brands tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

1. Setia pada warna brand Anda

Pilih warna yang paling representatif bagi brand Anda dan selalu masukkan warna tersebut ke gambar yang Anda posting. Biasanya tiap brand selalu memiliki 1 sampai 3 warna utama. Misalnya @Cocacola dengan merahnya yang khas atau hijau toska dari @tiffanyandco. Warna brand ini dapat dimasukkan sebagai warna logo, background, tulisan, atau properti yang digunakan dalam foto.

Dengan cara ini, semua gambar Anda akan terlihat ‘nyambung’ dan feed akan memberikan kesan yang profesional. Selain itu, memunculkan warna brand sesering mungkin akan membuat audiens lebih mudah mengingat brand Anda setiap kali melihat warna tersebut.

2. Gunakan filter gambar yang konsisten

Satu lagi trik untuk membuat gambar Anda nyaman dilihat dan terlihat kohesif yaitu dengan filter. Filter mengubah tone atau nuansa warna yang dapat mempengaruhi psikologi audiens. Anda dapat memunculkan kesan hangat, dingin, elegan, ceria, misterius, dan sebagainya hanya dengan bermain filter. Contohnya, filter di akun @Starbucks membuat feed-nya bernuansa seperti pagi hari dengan cahaya yang lembut. What a nice time to drink coffee!

Dengan menggunakan 1-3 macam filter saja, tone dalam feed Anda akan mengalir secara natural dan mampu memberi efek psikologis yang lebih kuat. Filter tidak perlu diaplikasikan 100% pada gambar, cukup sekitar 25-50% saja. Jangan lupa atur brightness, contrast, saturation dan sebagainya sesuai kebutuhan.

3. Perhatikan jenis tulisan / font

Tidak hanya warna dan filter, bentuk tulisan juga perlu diperhatikan dalam branding. Kita tidak harus memakai jenis tulisan / font yang heboh untuk menarik perhatian audiens. Font yang simpel pun akan terlihat keren dengan perpaduan yang pas seperti di akun @lazada_id ini. Walaupun desainnya berbeda, audiens dapat mengenali brand karena jenis tulisan yang sama.

Anda cukup memilih 2 jenis font untuk headline & body copy. Tidak mau ribet? Cari inspirasi kombinasi font yang pas di Google. Gunakan font tersebut secara konsisten dalam seluruh posting. Pastikan tulisan cukup besar dan jelas terbaca dengan warna yang sesuai.

Tidak terlalu sulit bukan? Dari beberapa tips diatas, konsistensi merupakan hal yang paling utama dan harus dijaga. Apalagi jika akan di publikasikan di Instagram. Instagram merupakan salah satu social media yang bisa anda manfaatkan sebagai katalog produk. Bisa dibayangkan jika konten di Instagram anda tidak beraturan, pasti akan berimbas pada brand anda.

Silahkan memulai merencanakan dan membuat beberapa konten yang akan di posting di Instagram sesuai dengan ciri khas brand anda. Anda bisa menggunakan Celebpost, tools yang bisa membantu untuk schedule posting di Instagram.

Masih ada part 2 untuk tips branding berikutnya cek disini

Comments are closed