Cara menjadi Top Post di Instagram

Jadikan postingan kamu berada paling atas di hasil pencarian

Instagram bisa dibilang telah menjadi ladang bisnis, mulai dari munculnya berbagai macam online shop hingga bisnis selebgram sudah menjadi hal wajar jika ditemui di Instagram. Sebagai pelaku bisnis di Instagram yang semakin lama semakin banyak saingannya, kamu harus bisa membuat produk atau postingan populer dan selalu terlihat. Salah satu caranya yaitu menjadi Top Post di Instagram

Jika pernah melakukan pencarian hashtag di Instagram, kamu pasti akan melihat 9 postingan yang ditampilkan paling atas, Postingan-postingan tersebut biasa disebut Top Post. Kebayang kan gimana jika postinganmu menjadi Top Post? sudah pasti postingan kamu akan selalu dilihat oleh setiap ada pencarian berdasarkan hashtag yang kamu gunakan.

Terus bagaimana cara untuk menjadi Top Post?
Berikut adalah tips menjadi Top Post pada hasil pencarian hashtag di Instagram.

1. Rajin melakukan Follow, Like dan Comments

​Algoritma Instagram, sangat mementingkan engagements yang berkualitas. Terutama likes, comments dan reply comments. Karena ini menunjukkan bahwa posting itu memang disukai oleh users lain. Bahkan yang menarik lagi, jumlah likes, comments yang anda berikan kepada postingan orang lain juga berpengaruh di dalam algoritma instagram, untuk menentukan apakah akun anda aktif atau tidak.
Oleh karena itu luangkanlah waktu untuk memberikan like atau comment pada postingan orang lain, karena hal ini secara tidak langsung akan membuat engagement akun Instagram kamu bertambah aktif. Biasanya, mereka juga akan membalas dengan memberikan like dan comment balik di postingan kamu. Nah, jika sudah begitu, postingan kamu akan lebih cepat menjadi Top Post.

Memang agak repot untuk melakukan follow, like & comments tersebut secara manual, tapi jangan khawatir. Anda bisa menggunakan Software selebgram tool Celebgramme.com. Masukkan setting sesuai dengan kebutuhan kamu, maka secara otomatis 24/7 postingan kamu akan dijalankan sesuai dengan setting yang kamu berikan. Buktikan sendiri efektifitasnya dalam meningkatkan Engagement dan menjadikan Postinganmu sebagai Top Post dengan cara ini.

Selain itu dengan Celebgramme, anda dapat mendayagunakan akun lain yang anda buat sendiri sebagai pendukung untuk meningkatkan engagements dari postingan akun utama anda. Simak Triknya di kolom sebelah kanan ini.
*P.S: Trik ini dapat anda lakukan juga bekerjasama dengan teman anda yang lain jika mereka juga menggunakan Celebgramme.

Trik menggunakan Celebgramme meningkatkan likes, comments di postingan

Anda dapat menggunakan 3 akun Instagram di Celebgramme. Gunakan 1 akun IG untuk yang utama, dan create 2 akun lain sebagai pendukung akun utama anda. Buat #Hashtags spesial untuk setiap postingan anda, agar dapat dikenali oleh 2 akun pendukung tersebut. Sehingga setiap kali anda posts, pasti akan di likes dan diberi comments oleh ke 2 akun pendukung tersebut.

BACA JUGA : 5 Hashtags yang Bisa Membuatmu Populer

2. Masukkan Hashtags yang sesuai niche dan Isi Posting

Selain meningkatkan engagement rate, hashtags juga mempunyai peranan penting dalam posting kamu agar bisa bertengger di Top Post. Misalkan saja seperti posting di bawah ini, Foto Postingan dan hashtagsnya saling berkaitan. Semakin banyak hashtags yang anda gunakan, membantu pengguna lainnya menemukan foto anda.
Pastikan mencari Hashtags yang sesuai dengan niche anda. Jangan menggunakan Hashtags yang tidak sesuai, contoh : Jualan anda Bakso Sapi, jangan gunakan hashtags #OLSHOPMURAH #SELFIEBEAUTY karena itu tidak ada hubungannya dengan isi foto anda. Efek negatifnya adalah memberikan kesan Spammy dan menurunkan branding brand anda sendiri terhadap para calon konsumen. 

Start dengan #Hashtags kecil di niche anda

Maksudnya adalah, gunakan Hashtags yang tidak terlalu populer ( dibawah 100,000 posts ). Sehingga postingan anda dapat lebih mudah merajai Hashtags tersebut. Sesudah 1 hari, anda bisa EDIT kembali dan tambahkan #Hashtags yang lebih populer ( diatas 100,000 posts ) sehingga setelah edit, dapat langsung mendapatkan posisi yang lebih baik. 
Jika Post anda meskipun sudah mendapatkan 100 likes lebih dan tidak berada dalam top post di niche #Hashtags tersebut, silahkan ganti dengan Hashtags lain yang lebih kecil kompetisinya. Anda dapat langsung cek setelah selesai melakukan edit caption.

3. Post menggunakan Video 

Algoritma Instagram sangat menyukai video. Anda bisa lihat di kolom bagian Search, video akan lebih ditonjolkan di masing-masing kategori. Benar kan ? Nah, ini sudah membuktikan keefektifan posting video di Instagram akan jauh meningkatkan engagements, diprioritaskan oleh algoritma Instagram dan pastinya mempunyai kesempatan lebih besar untuk menjadi TOP Post.
Kabar baiknya, membuat Video Instagram itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan Photo. Hanya saja tantangannya adalah, bagaimana membuat video yang baik dan apa tipe video yang disukai oleh followers anda.

instagram-video-viral-martabak-telor-jajan-kuliner-surabaya

Silahkan KLIK Contoh Video viral di atas ini. Video sederhana ini ditonton 5256 kali. Dibuat langsung dengan menggunakan handphone, tanpa editing skill yang heboh. Cukup cut and shoot saja. Namun dibalik kesederhanaan itu, video ini sanggup memberikan cerita yang baik, mulai awal hingga akhirnya. 

*P.S: Video instagram hanya berdurasi 60 detik / 1 menit, sehingga pastikan anda menggunakan waktu anda dengan baik.
*P.S.S: Perbanyak cut, maksimum 10 detik per scene. Sehingga video anda terlihat lebih variatif & professional

Mudah sekali bukan ?
Nah sekarang saatnya untuk praktek langsung, semoga postingan anda sukses selalu menjadi Top Post di Instagram.

Foto & Video credits : https://instagram.com/jajankulinersurabaya​

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: