Dongkrak Engagement dengan Berjibun Fitur Baru Instagram! (Part 2)

Jangan ketinggalan update terbaru Face Filter sampai Collections dari Instagram

Rupanya Instagram sedang rajin-rajinnya melakukan update fitur di awal 2017. Bahkan akhirnya fitur Face Filter ala Snapchat juga dilahapnya. Ekspansi besar-besaran Instagram tahun ini menandakan beberapa hal penting. Instagram kini memiliki 700 juta pengguna dan Stories-nya dipakai oleh 200 juta orang setiap hari. Angka audiens ini lebih banyak daripada Twitter dan Snapchat, artinya ada traffic potensial yang besar untuk olshop Anda.

Instagram tengah naik daun sebagai platform influencer marketing nomor 1 menurut #hashoff. Pada Maret 2017, dilaporkan bahwa ada 8 juta business profile di Instagram dan 1 juta bisnis pengguna IG Ads tiap bulannya. Angka yang terus meningkat menandakan bahwa Instagram merupakan ladang yang baik bagi brand besar ataupun startup untuk bertumbuh, termasuk buat Anda!

Yuk simak dan segera dapatkan update terbarunya supaya olshop bisa makin aktif engage dan eksis dengan follower Anda!
Jangan lupa baca dulu part sebelumnya ya

3. Eraser Brush

Ada 1 lagi brush baru yang bisa dipakai di Stories, yaitu eraser brush. Ikon penghapus dapat ditemukan di sebelah kanan dari neon/glowing brush. Pilih foto atau video untuk Stories Anda, tambahkan coretan dengan brush lain, lalu hapus coretan itu dengan eraser brush. Foto Stories Anda tidak akan ikut terhapus, tetapi menjadi background di bawah coretan-coretan itu. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contoh berikut.

Tips bonus: tahukah Anda bahwa kita bisa memilih lebih banyak varian warna untuk drawing tools? Tekan dan tahan pada menu pilihan warna brush hingga muncul sebuah bar berisi gradasi warna. Geser jari Anda pada warna yang diinginkan. Jika Anda ingin memberi full color block pada frame Anda, klik lingkaran yang muncul di bar gradasi warna tersebut.

4. Hashtag Sticker

Sebelumnya kita memang dapat memberikan hashtag di Stories melalui penulisan teks. Kini, ada sticker khusus untuk hashtag yang bisa diklik, sehingga viewer dapat melihat post lain yang menggunakan hashtag yang sama (seperti fitur search tags). Hal ini berguna jika olshop Anda membuat campaign yang melibatkan hashtag tertentu. Hashtag tersebut bisa mendapatkan exposure tambahan jika dipasang di Stories Anda atau customer. Selain hashtag sticker, jangan lupa bahwa Stories juga memiliki location sticker dengan fungsi yang sama. Anda bisa menambahkan nama tempat di mana foto tersebut diambil, lalu viewer bisa melihat Stories lain di lokasi yang sama dengan mengklik sticker tersebut.

5. Pencarian Location & Hashtag Stories

Stories yang diberi hashtag & location sticker, dapat ditemukan melalui menu Explore. Pada bar Search, ketikkan kata-kata yang Anda inginkan lalu tekan enter. Pada layar hasil pencarian, di sebelah kiri atas Anda akan melihat lingkaran seperti ikon Stories. Jika ditekan, maka Anda akan menemukan berbagai Stories yang di-post orang lain dengan menggunakan hashtag sticker yang sama. Jika Anda memakai nama tempat sebagai kata kunci pencarian, maka otomatis Anda akan menemukan Stories dengan location sticker yang sama. Hal ini berguna jika Anda ingin mengadakan campaign atau acara untuk lokasi/kota tertentu, sehingga orang bisa mengetahuinya berdasarkan location sticker.

6. Collections

Dari update sebelumnya, Anda mungkin sudah tahu kalau user bisa menyimpan foto di Instagram secara privat dengan menekan ikon pembatas buku (bookmark) di sisi kanan bawah foto tersebut. Foto akan muncul pada menu Saved di profil Anda. Sekarang foto-foto itu sudah bisa dikategorikan dalam folder yang disebut Collections. Dengan begini Anda bisa mengorganisir Saved photos dengan lebih baik, misalnya mengumpulkan testimoni customer, ide & inspirasi posting baru, foto-foto pada campaign yang sama, dan sebagainya.

Yuk langsung aja buka Instagram dan buat story kamu dengan fitur-fitur keren ini yah. Biar makin terkenal kamu juga bisa gunakan tools Celebgramme.com, tools ini oke banget untuk meningkatkan engagements akun Instagram kamu.